Peranan Roh Kudus (1)

– Diambil dari bacaan AIR HIDUP RENUNGAN HARIAN, EDISI 7 Februari 2009 -

Baca: 1 Korintus 2:6-16

“Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita.” 1 Korintus 2:12

Roh Kudus mutlak dimiliki setiap orang yang menyebut dirinya Kristen, karena Tuhan sudah mengaruniakan Roh Kudus dan mencurahkanNya di hari Pentakosta, dan sejak itu Roh Kudus ada di tengah-tengah orang percaya. Dia sudah memberikanNya, kita tinggal menerima karunia itu. Semua orang yang diselamatkan karena percaya pada Yesus, tanpa kecuali, dapat menerima karenua tersebut seperti kata rasul Petrus, “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.” (Kisah 2:38). Begitu pentingkah Roh Kudus bagi kehidupan orang percaya?
Daud raja. Sebagai raja ia punya segalanya: harta kekayaan, kekuasaan, tentara yang kuat dan lain-lain. Secara manusiawi tidak ada yang perlu dikuatirkan, semuanya tersedia. Namun di balik semuanya itu, dia tahu mana yang utama bagi kehidupannya. Dalam Mazmur 51:13, Daud memohon kepada Tuhan, “Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!”. Daud sadar bahwa ia sangat membutuhkan roh Tuhan. Tanpa RohNya ia tidak dapat berbuat apa-apa, sebaliknya kegagalan akan menimpanya. Kita pun sesungguhnya memerlukan Roh Kudus, Banyak orang di luar Tuhan berkata, “Apa itu Roh Kudus?” Lalu mereka menertawakan. Memang, “…manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.” (1 Korintus 2:14)
Roh Kudus memegan peranan penting dalam kehidupan kita.
1. Roh Kudus membebaskan kita dari ikatan dosa. Tanpa Roh Kudus kita tak sanggup membebaskan diri dari dosa. Tanpa Roh Kudus kita tak sanggup membebaskan diri dari dosa. Yang terjadi hanyalah rasa menyesal, lalu kita minta ampun kepada Tuhan, tapi setelah itu kita kembali lagi melakukan dosa yang sama. Ada tertulis “Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.” (Roma 8:2). Roh Kudus dapat melepaskan segala ikatan dosa yang membelengu. Dan bersama Roh Kudus kita memiliki kuasa untuk tidak lagi hidup menurut daging, melainkan dalam Roh (baca Galatia 5:16). (Berlanjut)

5 Tanggapan

  1. Shalom,,,
    bagaimana supaya kita hidup dalam Roh,,
    atau Roh yang terus menguasai hati dan pikiran kita,,agar tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang Tuhan tidak kehendaki,???
    makasih..God bless..

  2. Shalom..
    bagaimana agar Roh Kudus tetap menguasai diri kita,,,
    supaya tidak mudah terpengaruh dengan melakukan hal-hal yang tidak berkenan dihadapan Tuhan,,,
    thanks..GB

    • Agar Roh Kudus tetap menguasai hidup kita, kita harus mempunyai persekuan / hubungan yg baik dengan Tuhan Jesus sebagai Tuhan dan Juru selamat pribadi kita lewat doa dan merenungkan firmanNya, setiap saat. Immanuel

  3. itukan kalau Roh kudus sudah menuntun kita, maka kita akan suka bersekutu dengan Tuhan, dan mau membaca dan merenungkan Firman Tuhan.tapi,ada pergumulan besar untuk melakukan bakti yang satu itu. Dengan demikian maka, tidak tepat kalau itu dijadikan syrat kita menerima Roh kudus. jadi tolong berikan jawaban yang lain, bagaimana kita dikuasai Roh kudus? supaya kita bisa rajin bersekutu dengan Tuhan, dan merdeka dari dosa yang mengikat. Terimakasih!

  4. Shalom Saudara Addy.
    Tidak ada cara lain supaya hidup kita tetap dipimpin oleh Roh Kudus selain kita bergaul intim dengan Nya. .

    Dan satu hal lagi, untuk diketahui: bukan karena Roh Kudus dulu yang harus menuntun kita, kemudian kita tekun berdoa dan merenungkan firman Nya. Tapi kita dulu yang harus mempunyai kerinduan untuk masuk dalam hadirat Nya, minta ampun sama Tuhan, hidup kudus, maka Roh Kudus akan menjamah kita dan jika kita tetap menjaga hubungan ini, Roh Kudus akan tetap memimpin kita.

    Jangan terbalik dengan pengertian ini.
    Roh memang penurut tapi daging lemah. .

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 10.066 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: