Hidup Oleh Roh

– Diambil dari bacaan AIR HIDUP RENUNGAN HARIAN, EDISI  14 Mei 2009 -

Baca: Galatia 5:16-26

“Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh” Galatia 5:25

Yang dimaksud hidup oleh Roh adalah hidup yang dilahirkan oleh Roh itu sendiri, artinya seseorang sudah menerima suatu kehidupan yang baru yang berasal dari Tuhan. Ada tertulis, “Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.” (Yohanes 3:6) dan “…jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.” (Yohanes 3:5). Setiap orang yang tinggal di dalam Kristus menjadi manusia baru karena “…manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.” (Roma 6:6). Bila ada orang yang mengaku Kristen, tetapi dalam kesehariannya masih hidup sebagai ‘manusia lama; berarti ia belum benar-benar bertobat! Sebagai ‘manusia baru’, semua sifat dan karakter lama kita harus dibuang!
Hidup oleh Roh juga berarti dibaptiskan oleh Roh Kudus, suatu kehidupan yang benar-benar dipimpin oleh Roh Tuhan, sehingga kehidupan kita sungguh-sungguh menceriminkan pribadi Ilahi yang ada di dalam kita, seperti kata Rasul Paulus, “Aku telah disalibkan dengan Kristus; namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.” (Galatia 2:19b-20a). Ketika kita bertobat dan menaklukkan diri sepenuhnya kepada pimpinan Tuhan dan menjadikan tubuh kita sebagai tempat berdiamnya Roh Kudus, sejak itu Dia berjalan bersama kita, dan memberikan kita sifat-sifat yang baru. Roh Kudus hidup di dalam tubuh kita, dan menjadikan Dia sebagai sumber yang terus-menerus membangkitkan segala kemampuan pikiran kita dan segala fungsi tubuh kita, sehingga setiap saat kita memperoleh kekuatan, kesehatan, sukacita, ketenangan dan damai sejahtera dari Tuhan.
Selain itu, hidup oleh Roh juga berarti dikuduskan oleh Roh. Kita dilepaskan dari kuasa dosa, kita tidak lagi diperhamba oleh dosa! Inilah yang disebut dengan kekudusan Ilahi yaitu masuknya kehidupan baru dalam hati orang yang berdosa. “Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.” (Roma 8:2).

Oleh karena itu, “hiduplan oleh Roh, maka kami tidak akan menuruti keinginan daging.” Galatia 5:16

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 10.049 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: