Kesatuan Tubuh Kristus

- Diambil dari Renungan Gereja Kristen Yesus Jemaat Green Ville -

Baca: 1 Korintus 12

Bila setiap orang percaya menyadari bahwa mereka masing-masing adalah anggota dari satu tubuh, yaitu tubuh Yesus Kristus, maka tidak akan terjadi persaingan, melainkan kerja sama; tidak akan terjadi iri hati, melainkan satu sama lain akan saling menolong.

Sebagai sesama anggota tubuh Kristus, kita harus mengakui bahwa adanya perbedaan satu dengan yang lain merupakan hal yang wajar dan harus diterima dengan lapang dada. Ada­nya perbedaan antara anggota yang satu dengan anggota yang lain tidak dimaksudkan untuk diperbandingkan melain­kan untuk saling memperkaya dan saling melengkapi.

Sebagai sesama anggota tubuh Kristus, kita saling membutuhkan satu dengan yang lain. Tidak ada anggota tubuh yang tidak dibutuhkan. Satu ang­gota tubuh saja tanpa anggota tubuh yang lain tidak akan dapat berbuat apa-apa. Oleh karena itu, suatu gereja yang anggota-anggotanya saling iri (karena terus mempersoalkan perbedaan) dan tidak bisa bersatu (karena setiap anggotanya mempertahankan keegoisan masing-masing) tidak akan memiliki kekuatan untuk melakukan hal-hal besar sehingga gereja tersebut tidak mungkin bisa berkembang.

Sebagai sesama anggota tubuh Kristus, sikap yang harus terus kita kem­bangkan adalah sikap saling menghargai dan kesediaan untuk saling me­nolong dan saling bekerja sama. Bila kita bekerja sama, kekuatan kita akan menjadi berlipat ganda. Hal-hal yang tidak bisa kita kerjakan secara sendiri-sendiri akan bisa kita lakukan secara bersama-sama. Peristiwa pengumpulan uang koin untuk Prita Mulyasari di akhir tahun 2009 yang bisa mencapai enam ratus lima puluh juta rupiah hanya dalam jangka waktu sekitar tiga minggu menunjukkan betapa hebatnya kekuatan suatu kesatuan. [P]

1 Korintus 12:12
“Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh,demikian pula Kristus.”

Share

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 10.031 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: