Yesus Memberi Makan Lima Ribu Orang

- Diambil dari Renungan Gereja Kristen Yesus Jemaat Green Ville -

Bacaan Alkitab hari ini: Matius 14

Tuhan Yesus peduli terhadap para pengikut-Nya. Dia tidak pernah menutup mata saat para pengikut-Nya mengalami kesusahan.

Renungkan kepedulian Tuhan Yesus terhadap para pengikut-Nya saat Dia memberi makan lima ribu orang laki-laki (belum termasuk perempuan dan anak-anak) yang berada dalam keadaan lelah dan lapar. Perhatikan apa yang Tuhan Yesus lakukan: Pertama, Dia mengambil lima roti dan dua ikan, lalu memberkati roti dan ikan tersebut. Perkataan “mengucap berkat” (14:19) berasal dari kata Yunani “Eulogeo” yang dapat pula diterjemahkan menjadi “mengucap syukur”. Tuhan Yesus memberkati makanan itu karena Dia adalah Allah. Pada saat yang sama, Tuhan Yesus mengajarkan kepada kita bahwa sebelum menikmati makanan, kita harus mengucap syukur lebih dulu. Kedua, Dia menengadah ke langit untuk memberikan penghargaan dan penghormatan kepada Allah. Maksudnya, berkat atas makanan itu datangnya dari Allah, sehingga ucapan syukur harus diberikan kepada Allah. Gagal untuk mengucap syukur kepada Allah berarti gagal memberikan penghormatan dan penghargaan kepada Allah.

Apa yang Tuhan Yesus lakukan merupakan sesuatu yang luar biasa. Setelah bersyukur dan memberkati lima roti dan dua ikan, hasilnya menakjubkan. Di samping dapat memberi makan lima ribu orang laki-laki (tidak termasuk  perempuan dan anak-anak), potongan-potongan sisa yang dikumpulkan adalah 12 bakul banyaknya. Bacaan hari ini mengingatkan bahwa Tuhan Yesus mengerti semua kesusahan kita dan Dia siap menolong kita. Marilah kita belajar untuk bersyukur atas apa yang telah Allah berikan kepada kita. Jangan memusatkan perhatian pada apa yang belum  atau tidak Allah berikan kepada kita. Amin! [MW]

Matius 14:19b
Dan setelah diambil-Nya lima roti dan dua ikan itu, Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-muridNya, lalu murid-murid-Nya membagi-bagikannya kepada orang banyak.”

Share

Satu Tanggapan

  1. Ilustrasi yg sangat bagus! Kami menggunakannya dalam saat teduh kami hari ini.
    Terima kasih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 10.156 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: