Takut akan TUHAN vs Takut akan Manusia

Diambil dari Renungan Gereja Kristen Yesus  Jemaat Green Ville -

Bacaan Alkitab hari ini: 1 Samuel 15

TUHAN menuntut umat-Nya untuk hidup dalam takut akan Dia serta melakukan firman-Nya. Jika seseorang memilih untuk lebih mengutamakan takut akan manusia, mencari popularitas dan kekuasaan duniawi, maka ia tidak lagi takut akan TUHAN.

Firman TUHAN dengan jelas menggarisbawahi tugas Raja Saul ketika akan pergi berperang melawan bangsa Amalek, yaitu bahwa mereka harus menumpas semua manusia maupun hewan milik orang Amalek tanpa perlu berbelaskasihan (15:3). Sayang, Raja Saul memilih untuk melanggar perintah TUHAN serta lebih mengutamakan ketenaran diri dengan mendengar suara rakyat untuk mengambil kambing domba milik musuh; bahkan Agag, raja orang Amalek, dibiarkan tetap hidup. Raja Saul tak berani menolak usulan rakyat Israel karena takut ketenarannya lenyap. Dia memilih untuk menuruti keinginan rakyat karena kuatir bahwa rakyat tidak menyukainya (15:24). Ketidaktaatan Raja Saul sangat mengesalkan hati TUHAN. Raja Saul tidak memprioritaskan kehendak TUHAN, melainkan mengutamakan popularitas diri sendiri sehingga dia memilih sikap takut akan manusia.  Tindakan Raja Saul itu jelas tidak dapat dibenarkan.

Bacaan Alkitab hari ini mengajarkan bahwa saat kita berada di puncak kekuasaan, popularitas, atau jabatan, kita perlu senantiasa waspada agar kita tetap memiliki hati yang takut akan TUHAN. Bila kita memiliki hati yang takut akan TUHAN, kita akan mengutamakan TUHAN dengan menyediakan waktu untuk berdoa, membaca Alkitab, mengikuti kebaktian di gereja, serta berusaha untuk menjalani kehidupan yang sesuai dengan kehendak TUHAN. Akan tetapi, bila kita tidak bisa mengendalikan ambisi untuk dihormati (menjadi populer), sikap takut akan TUHAN bisa tersingkir. [EF/P]

Mazmur 25:12
Siapakah orang yang takut akan TUHAN? Kepadanya TUHAN menunjukkan jalan yang harus dipilihnya.

3 Tanggapan

  1. [...] This post was mentioned on Twitter by Evangelista, Saat Teduh Blog. Saat Teduh Blog said: Saatteduh #GKY edisi 11 November 2010: http://wp.me/pcTXm-1tj [...]

  2. Shalom…….
    Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan. Selama hidup di dunia boleh donk mendapatkan kekuasaan,popularitas atau jabatan dan semuanya itu sebagai sarana untuk mempermuliakan BAPA di surga. Gak perlu takut sama manusia tapi biarlah takut akan TUHAN diberikan kepada TUHAN YESUS KRISTUS…….HALELUYA.

  3. Kita harus lebih patuh kepada Tuhan dari pada kemanusia,sehingga apapun yang diperintahkan Tuhan adalah mutlak,tidak perlu dianalisa lagi.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 10.143 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: