Dipimpin Roh Kudus

- Diambil dari Renungan Gereja Kristen Yesus  Jemaat Green Ville -

Bacaan Alkitab hari ini: Galatia 5

Roh Kudus bekerja dalam kehidupan orang percaya dengan cara mengingatkan kita tentang kebenaran firman Allah serta memampukan kita untuk hidup sesuai dengan keinginan Allah.

Agar kehendak Tuhan bisa terlaksana dalam kehidupan kita, kita harus memberi diri untuk dipimpin oleh Roh Kudus. Hidup di pimpin oleh Roh kudus bukan berarti bahwa kita akan melakukan kehendak Tuhan secara otomatis dan di luar kesadaran. Roh Kudus bekerja dengan melibatkan kesadaran kita (emosi, pikiran, dan hati nurani). Perkataan “kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh” (5:18) berarti bahwa diri kita ikut berperan aktif dalam wujud ketaatan, artinya kita tidak hidup berdasarkan aturan kita, tetapi aturan Tuhan. Kita tidak hidup berdasarkan tujuan kita, tetapi tujuan Tuhan. Aturan dan tujuan Tuhan itu dapat kita ketahui bila kita sungguh-sungguh berusaha memahami firman Allah.

Kehendak Allah (keinginan Roh ) seringkali berbeda dengan kehendak manusia (keinginan daging), sehingga hidup dalam pimpinan Roh Kudus berarti bahwa kita harus bersedia melepaskan keinginan kita. Oleh karena itu, kita harus mengembangkan kepekaan untuk bisa mengenali kehendak Allah dalam seluruh aspek kehidupan kita. Ingatlah bahwa Allah menghendaki agar kita melakukan kehendak-Nya dalam seluruh aspek kehidupan kita tanpa ada pengecualian.

Kita tidak perlu merasa takut dirugikan bila kita memberi diri untuk hidup dipimpin oleh Roh. Sekalipun nampaknya kita akan merasa lebih puas ketika mengikuti keinginan kita sendiri, kepuasan yang sejati hanya bisa diperoleh bila kita melakukan kehendak Tuhan dalam seluruh aspek kehidupan kita. [LH]

Roma 8:14
“Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.”

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 10.189 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: