TUHAN Adalah Gembalaku

- Diambil dari Renungan Gereja Kristen Yesus Jemaat Green Ville -

Bacaan Alkitab hari ini: Mazmur 23-24

Mazmur 23 adalah mazmur yang menggambarkan TUHAN sebagai Gembala dan Tuan Rumah, dua metafora (kiasan) yang sangat dikenal oleh orang Israel pada masa itu.

Sama seperti seorang gembala (yang baik) selalu memperhatikan, memelihara, membimbing, dan melindungi domba-domba-Nya (23:2-4) – demikian pula sikap Allah terhadap kita. Sehingga Pemazmur menyimpulkan bahwa bila TUHAN adalah Gembalaku, maka “tidak akan kekurangan aku” (23:1) – atau dalam terjemahan lain, “tidak ada lagi yang kuperlukan”. Sama seperti seorang tuan rumah (yang baik) selalu menerima, menyambut, dan mencukupkan segala kebutuhan tamunya dengan limpah (23:5) – demikian pula sikap Allah terhadap kita. Bila TUHAN adalah Tuan Rumahku, maka aku senang dan rindu untuk diam dalam rumah Tuhan sepanjang masa. Yang menarik, penggunaan kata ganti orang ketiga (Ia, -Nya) pada ayat 1-3 berubah menjadi kata ganti orang kedua (Engkau, -Mu) mulai ayat 4. Saat kita berjalan dalam lembah kekelaman yang penuh bahaya dan penderitaan, saat itu seharusnyalah hubungan kita dengan TUHAN menjadi lebih dekat (intim).

Mazmur 23 adalah mazmur favorit bagi banyak orang Kristen karena mazmur ini membangkitkan keyakinan iman bahwa Tuhan selalu siap memperhatikan, memelihara, membimbing, melindungi, menerima, menyambut, dan melimpahkan segala kebutuhan kita, sehingga kita dapat berkata, “Aku tidak kekurangan apa-apa; Aku tidak takut bahaya; Aku akan diam dalam rumah Tuhan sepanjang masa”.  Maukah Anda dibimbing oleh Tuhan? Maukah Anda dituntun-Nya di jalan yang benar? Maukah Anda hidup di hadirat-Nya sepanjang masa?  [YAW]

Amsal 3:5-6
“Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.”

Satu Tanggapan

  1. Kita harus setia dan percyaa atas pemeliharaan Tuhan terhadap diri kita,tugas kit mengejakann bagian kita,biarkan Tuhan bertindak

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 10.031 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: