Bertemu muka dengan Tuhan

Baca: Yosua 5:13-15

Gerakan spriritualisme masa kini mengklaim bahwa pemimpinnya dan beberapa penganutnya telah bertemu dengan Sang Ilahi dalam meditasi. Pencarian Sang Ada itu sebenarnya hanya ilusi belaka dalam kekuatan pikiran. Mereka hanya memusatkan pikiran dalam ruang kosong. Dengan kata lain, mereka hanya memikirkan ketiadaan. Padahal bisa saja justru roh dan kuasa lain yang merasuki mereka!

Berbeda dengan meditasi Kristen sejati. Dari segi gaya kontemplasinya sederhana dan dengan aturan sederhana juga, tetapi para pendoa sedang bersekutu dengan pribadi Tuhan, Pencipta alam semesta di dalam diri Tuhan Yesus. Doa itu mengubah hidup pendoa, pendoa itu sendiri mendapatkan kelegaan dan damai sejati. Keintiman dengan Tuhan adalah keberanian iman untuk bertemu dengan Tuhan setiap saat.

Yosua sedang melayangkan pandangannya ke bentangan Yerikho dan Tuhan memperlihatkan diri-Nya kepada Yosua. Bukan Yosua yang sedang memusatkan pikirannya untuk mencari Tuhan, tetapi Tuhanlah yang menemui Yosua, menyatakan diri-Nya sebagai Panglima Tentara. Memang pada awalnya Yosua tidak mengerti sehingga bertanya: “lawan atau kawan?” Jawaban Tuhan sangat menenangkan hati Yosua sehingga ia pun sujud menyembah Tuhan. Artinya, ketika Yosua tahu bahwa yang di hadapannya adalah Tuhan maka ia menundukkan dirinya secara total. Pengenalan akan Tuhan yang benar memang akan memimpin orang pada penyembahan dan pengudusan (15).

Pengalaman ini menguatkan Yosua untuk melanjutkan kepemimpinannya dan membawa Israel menaklukkan tanah Kanaan. Ia tahu bahwa Tuhan menyertai dia dan yang akan dilakukan Israel adalah peperangan rohani, bukan hanya sekadar ambisi menjajah dan menjarah.

Setiap kali kita berhadapan dengan satu peperangan rohani, entah melawan godaan untuk berdosa atau ada tugas panggilan untuk melayani, Tuhan pasti akan memperlengkapi kita. Dia akan menjumpai kita saat kita menyediakan waktu berdiam diri, merenungkan firman-Nya, dan terbuka untuk diatur-Nya.

Dikutip dari Santapan Harian. Hak Cipta : Yayasan Persekutuan   Pembaca Alkitab. Isi Santapan Harian lainnya seperti pengantar kitab,   artikel ringkas, sisipan, dlsb. dapat diperoleh dengan membeli buku   Santapan Harian dari Yayasan PPA: Jl. Pintu Air Raya No 7 Blok C4,   Jakarta 10710, ph:3442461-2; 3519742-3; Fax: 344972; email:   ppa@ppa.or.id. Informasi lengkap : PPA di: http://www.ppa.or.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 9.501 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: