Belajar Berdoa

Diambil dari Renungan Gereja Kristen Yesus Jemaat Green Ville -

Bacaan Alkitab hari ini: Lukas 11

Doa adalah praktik hidup Kristen yang terpenting, yang menerjemahkan kasih dalam tindakan nyata. Doa mengungkapkan ketidakberdayaan kita dan kebergantungan kita kepada Tuhan. Doa bagi orang lain (doa syafaat) merupakan ungkapan kasih yang paling berharga bagi sesama.

Doa merupakan salah satu praktik keagamaan yang terdapat dalam setiap agama. Karena sampai saat itu, Tuhan Yesus tidak pernah mengajar murid-murid-Nya tentang cara berdoa, tidak mengherankan bila para murid bertanya dan Tuhan Yesus mengajarkan suatu pola doa yang penting untuk kita pelajari yang disebut “Doa Bapa Kami” (11:1-4).

Doa yang diajarkan oleh Tuhan Yesus tersebut mengandung beberapa prinsip penting. Pertama, doa bukan hanya bersangkut paut dengan urusan kita, tetapi juga bersangkut paut dengan urusan Allah. Doa dimulai dengan harapan agar nama Allah dikuduskan (dikhususkan, dimuliakan) dan agar Kerajaan Allah segera datang (11:2). Urusan Allah disebut lebih dulu karena urusan Allah lebih penting daripada urusan kita. Kedua, setelah mengemukakan hal-hal yang berkaitan dengan urusan Allah, barulah kita memohon hal-hal yang berkaitan dengan keperluan kita, yaitu makanan, pengampunan, dan perlindungan (11:3-4).

Tuhan Yesus juga menekankan tentang perlunya mengkomunikasikan semua keperluan kita (melalui doa) sebagai ungkapan adanya relasi antara anak-anak Allah dengan Allah Bapa di surga. Allah ingin agar kita membangun dua sikap dalam meminta, yaitu meminta dengan tekun dan meminta tanpa merasa malu. Kedua sikap tersebut hanya bisa bertumbuh bila kita mempercayai Allah; dan kita hanya bisa mempercayai Allah bila kita memiliki hubungan yang akrab dengan Dia (11:5-13). [P]

Lukas 11:1
Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya:  “Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya.”

6 Tanggapan

  1. Orang yang bedoa berarti dia percaya, karena ngak mungkin berdoa kalau tidak percaya.

  2. Dengan doa kita sebagai umat manusia bisa lebih kuat akan segala cobaan yang ada di bumi..kita yakin dan percaya bahwa doa adalah satu unsur kekuatan bagi kita untuk selalu bersekutu dan melayani…antar sesama.

  3. berdoa adalah nafas hidup kita !! dengan berdoa berarti ita sering berkomunkasi dengan Tuhan.

  4. Berdoalah dengan segenap hati dan sungguh-sungguh, itulah yang doa yang berkesan..GBU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 9.512 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: