Waspadalah terhadap Para Pengajar Sesat

- Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus -

Bacaan Alkitab hari ini: 2 Petrus 2

Waspadalah terhadap pengajar-pengajar sesat yang hadir bersama-sama dengan orang-orang percaya! Mereka nampaknya bagaikan orang percaya, padahal mereka penuh kepalsuan dan kesesatan.

Pada masa gereja mula-mula, pengajar-pengajar palsu sudah ada dan membahayakan kehidupan gereja. Ajaran mereka menyesatkan dan membinasakan (2:1). Mereka menyangkal Tuhan. Mereka hidup di dalam hawa nafsu, sehingga kehidupan mereka membuat jalan kebenaran dihujat oleh orang-orang di luar gereja (2:2). Pengajar-pengajar palsu itu mencari keuntungan dari orang lain melalui ajaran-ajaran mereka yang merupakan isapan jempol belaka (2:3). Hati mereka telah terlatih dalam keserakahan (2:14). Hal ini kemungkinan terkait dengan hal-hal  yang bersifat materi atau harta benda. Mereka juga adalah orang-orang yang congkak (2:18). Mereka ini ada bersama di dalam persekutuan orang percaya, namun mereka hanya seperti orang percaya. Pengenalan mereka sebatas pengetahuan, bukan sungguh-sungguh percaya (bandingkan dengan 1 Yohanes 2:19).

Waspadalah terhadap pengajar-pengajar palsu. Mereka bisa saja memiliki fasih lidah dan berkharisma, sehingga mereka begitu memikat dan berpengaruh (2:2).

Pertama, pakailah firman Tuhan sebagai ukuran kita. Ketika kita hendak memakai firman Tuhan, maka kita haruslah seorang yang tekun belajar firman Tuhan.

Kedua, kita harus mempunyai sikap hati bukan sekedar untuk memuaskan keinginan kita atau kesenangan kita ketika kita mendengar khotbah atau ceramah atau pembinaan, melainkan kita sungguh-sungguh memperhatikan apa yang diajarkan. [RAAL]

2 Petrus 2:9
“Maka nyata, bahwa Tuhan tahu menyelamatkan orang-orang saleh dari pencobaan dan tahu menyimpan orang-orang jahat untuk disiksa pada hari penghakiman,”

2 Tanggapan

  1. oleh kerana itu, kita harus hidup dalam doa dan sentiasa bertekun dalam belajar akan kebenaran firman tuhan. saudara yang dikasihi,1 tesalonika 5:16-18 menyatakan bahawa kita harus bersukacita senantiasa,tetaplah berdoa dan sentiasa mengucap syukur dalam segala hal.

  2. memang semua itu benar pak.,tapi tlng Bapak berikan salah satu ciri yg paling spesifik dari pengajar2 palsu itu pak. Agar kita2 ini tdk terhujat Pak.
    Selamat malam semua Tuhan memberkati..Amen

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 10.194 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: