Penghakiman adalah Hak Tuhan

- Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus -

Bacaan Alkitab hari ini: Mazmur 6-7

Di Tiongkok, ada legenda tentang seorang hakim yang adil dengan pengawalnya yang ahli kungfu. Hakim tersebut disebut Judge Bao atau Bao Gong. Di belahan dunia Barat, ada super hero seperti SupermanSpidermanIronmanCaptain AmericaHulk dan lain sebagainya. Semua tokoh tersebut sangat disukai oleh masyarakat di semua benua. Fenomena seperti ini menunjukkan bahwa sebenarnya masyarakat tidak menyukai kejahatan dan memiliki keinginan kuat untuk segera membasminya sesegera mungkin dengan cara kekerasan.

Kita juga sering ingin mempraktikkan cara seperti itu untuk melampiaskan ketidaksukaan kita. Pada waktu hati kita dirasuki oleh kebencian, kecemburuan, dendam, rasa terancam, dan lain sebagainya, saat itu kita melupakan identitas diri kita sebagai anak-anak Allah yang seharusnya hidup dengan mengikuti kehendak Allah. Dengan mengikuti kemauan diri sendiri, kita berubah menjadi “Tuhan” yang mengadili dan mengambil keputusan dalam kemarahan yang menyala-nyala dan kita mencuri kemuliaan Tuhan tanpa merasa berdosa.

Dalam bacaan hari ini, pemazmur mengingatkan kita bahwa penghakiman dan pengadilan adalah hak Tuhan seutuhnya karena hanya Tuhan yang Mahaadil yang mampu menghakimi atau mengadili dengan adil, sedangkan manusia hanya dapat menghakimi atau mengadili berdasarkan “kacamata” yang tidak sempurna atau berat sebelah, sesuai dengan keuntungan pribadi kita. Penghakiman tidak dapat dijalankan hanya berdasarkan perasaan suka atau tidak suka, padahal hidup kita didenomisasi atau paling tidak dipengaruhi oleh perasaan tersebut. Oleh karena itu, penghakiman yang adil hanya dapat dijalankan oleh Tuhan yang adil. [HK]

Mazmur 7:9
“TUHAN mengadili bangsa-bangsa. Hakimilah aku, TUHAN, apakah aku benar, dan apakah aku tulus ikhlas.”

4 Tanggapan

  1. Ya Tuhan Yesus,jauhkanlah kami dari segala perbuatan jahat,ampunkanlah segala dosa dosa kami, berikanlah kami Roh Kudus Mu agar dapat kami pakai sbg perisai hidup kami didlm segala pergumulan hidup kami,kasihanilah kami Tuhan. Amin.

  2. Shalom….
    Hai…kita gak boleh nyalahkan Pengadilan atau hukumnya…mengapa yg mencari keadilan lewat lembaga tsb merasa gak mendapatkan keadilan atas perkaranya. Hakim juga sewaktu memutus perkara mesti mendengar kebenaran yg ada dalam hati nuraninya…Tuhan pakai manusia kog menyatakan keadilanNya sep. zaman raja Salomo.
    Penghakiman ad Hak Tuhan n dilaksanakan mereka yg ditunjuk olehNya.
    HALELUYA…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 10.191 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: