Memberi dengan Kekudusan

- Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus -

Bacaan Alkitab hari ini: Imamat 3; 7:11-21

Korban keselamatan bisa merupakan korban syukur, korban nazar, maupun korban sukarela (7:12,16). TUHAN menentukan aturan-aturan yang harus dipatuhi ketika memberikan korban kepada-Nya. Aturan-aturan tersebut dimaksudkan untuk menjaga kondisi umat saat mempersembahkan korban. Salah satu aturan adalah tentang kekudusan. Pada pasal 7 disebutkan bahwa persekutuan di dalam menikmati daging korban keselamatan tidak boleh diikuti mereka yang dalam kondisi najis, dan ancaman hukumannya adalah kematian.

Hal tersebut memberikan pengertian kepada kita, bahwa persekutuan dengan TUHAN haruslah diikuti dengan kondisi kudus (tidak najis). Yang dilihat TUHAN bukan hanya korban persembahan yang dibawa, tetapi juga sikap si pembawa korban. Kekudusan dalam hal memberi di antaranya berkaitan dengan:

Pertama, asal dan kondisi barang/materi yang akan kita berikan diperkenan oleh TUHAN atau tidak.

Kedua, motivasi atau tujuan apa yang membuat kita memberi.

Ketiga, kondisi penerima pemberian kita, yaitu apakah yang kita berikan merupakan sesuatu yang dibutuhkan atau malah sebaliknya, menjadi beban bagi orang yang menerima.

Walaupun TUHAN menghendaki agar kita memberi, kita tidak boleh asal memberi. Kita membutuhkan hikmat dari TUHAN agar pemberian kita tidak menjadi sumber malapetaka bagi kita sendiri. Kita harus memberi, tetapi cara dan tujuan kita tidak boleh salah. Memberi itu baik, namun jauh lebih baik jika kita memberi dengan cara yang benar dan kepada orang yang benar-benar membutuhkan. Marilah kita berusaha memberi dengan tepat sasaran agar apa yang kita berikan bisa tepat sasaran. [SJS]

Lukas 20:25
Lalu kata Yesus kepada mereka: “Kalau begitu berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!”

2 Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 9.934 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: