Pusat Kehidupan

- Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus -

Bacaan Alkitab hari ini: Bilangan 2-3

Bangsa Mesir terbiasa menempatkan kemah untuk raja, jenderal, dan para pejabat di tengah-tengah atau di pusat perkemahan. Bagi bangsa Israel, yang berada di pusat perkemahan adalah Kemah Suci atau Kemah Allah. Bangsa Israel berkemah di sekeliling Kemah Suci, tetapi berjarak agak jauh. Yang berkemah berkeliling paling dekat dengan Kemah Suci adalah suku Lewi yang diistimewakan karena mereka mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan peralatan dan upacara di Kemah Suci.

Susunan perkemahan suku-suku Israel tidak diatur sembarangan. Yang berkemah di sebelah Timur adalah suku Yehuda, Isakhar, dan Zebulon (keturunan Yakub melalui Lea). Yang berkemah di sebelah Selatan adalah suku Ruben, Simeon, dan Gad—keturunan Yakub melalui Lea dan Zilpa (hamba Lea). Yang berkemah di sebelah Barat adalah suku Efraim, Manasye, dan Benyamin (keturunan Yakub melalui Rahel). Yang berkemah di sebelah Utara adalah suku Dan, Asyer, serta Naftali—keturunan Yakub melalui Bilha (hamba Rahel) dan Zilpa (hamba Lea). Bila bangsa Israel melakukan perjalanan, urutannya adalah suku-suku yang berkemah di sebelah Timur berangkat lebih dulu, lalu suku-suku yang berkemah di sebelah Selatan, diikuti suku Lewi yang membawa Kemah Suci dan perlengkapannya, kemudian suku-suku yang berkemah di sebelah Barat, dan yang terakhir suku-suku yang berkemah di sebelah Utara.

Susunan perkemahan dan urutan perjalanan dengan Kemah Suci dan perlengkapannya selalu ditempatkan di bagian tengah menunjukkan bahwa Allah harus ditempatkan di pusat kehidupan bangsa Israel dan bahwa Allah berbeda derajat dengan umat-Nya sehingga umat-Nya tidak boleh berkemah terlalu dekat. [P]

Bilangan 2:17
“Sesudah itu berangkatlah Kemah Pertemuan dengan laskar orang Lewi, di tengah-tengah laskar yang lain itu.  Sama seperti mereka berkemah, demikianlah juga mereka berangkat, masing-masing di tempatnya menurut panji-panji mereka.”

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 10.042 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: