Bahaya Demokrasi

- Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus -

Bacaan Alkitab hari ini: Bilangan 13

Perkembangan perpolitikan di seluruh dunia membuat banyak negara memperjuangkan diberlakukannya sistem demokrasi, yaitu sistem politik yang kekuasaan tertingginya di tangan rakyat. Dalam sistem demokrasi, kebijakan ditentukan oleh suara mayoritas. Kekuasaan pemimpin berada di bawah kekuasaan mayoritas. Walaupun sistem demokrasi ini mengandung berbagai hal yang positif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Pertama, karena dunia ini sudah dikuasai oleh dosa, pendapat mayoritas bisa salah.

Kedua, bila pendapat mayoritas bertentangan dengan kehendak Allah, kita harus berani menentang pendapat mayoritas dan tetap mengutamakan kehendak Allah.

Dari antara 12 orang yang diutus untuk mengintai tanah Kanaan, mayoritas merasa pesimis untuk maju berperang merebut Tanah Kanaan karena mereka beranggapan bahwa musuh mereka terlalu kuat. Mereka gentar melihat perawakan bangsa Kanaan yang tinggi dan mereka merasa bahwa diri mereka kecil seperti belalang bila dibandingkan dengan orang Kanaan yang seperti raksasa (13:33). Mereka merasa minder setelah membandingkan besarnya perawakan penduduk Kanaan itu dengan perawakan mereka. Mereka sama sekali tidak mengingat sejarah masa lampau bahwa dibandingkan dengan kekuatan tentara Mesir, kekuatan mereka sama sekali tidak berarti. Mereka berhasil lolos dari perbudakan di Tanah Mesir bukan karena mereka lebih hebat daripada tentara Mesir, melainkan karena Tuhan menyertai mereka dengan tangan-Nya yang kuat. Saat berhadapan dengan orang Kanaan, seharusnya mereka tidak memandang diri sendiri yang lemah, melainkan memandang Allah yang kuat. [P]

Bilangan 13:30
Kemudian Kaleb mencoba menenteramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: “Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 9.771 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: