Inkarnasi, Misi, Oikumene, Diakonia

Baca: Roma 15:22-33

Dapatkah Anda mengenali yang mana dari empat hal di atas yang adalah hakikat gereja? Ya, misi, koinonia (oikumene), dan diakonia adalah tiga sifat inti gereja. Bagaimana hubungan inkarnasi Yesus dengan ketiga sifat hakiki gereja?

Kehidupan Kristen dan gereja adalah hasil hidup dan karya Yesus. Logis bila karya cipta-Nya memperlihatkan kesamaan dengan Ia yang menyelamatkan orang Kristen dan melahirkan gereja. Kasih dan pengurbanan-Nya inilah sumber nasihat Paulus yang mengingatkan agar kita tidak saling menghakimi, tetapi bertindak membangun Tubuh Kristus. Sejauh ini implikasi nasihat Paulus menyentuh kehidupan pribadi Kristen dalam konteks gereja lokal. Ia membagikan visi-misi dan mengundang orang Kristen di Roma terlibat.

Pertama, Paulus membagikan hasratnya melakukan perjalanan misi lebih jauh, ke Spanyol (ayat 24). Inkarnasi Kristuslah sumber kerinduan misi Paulus. Inkarnasi harus menjadi inspirasi dan motivasi orang beriman, maka Paulus membagikan beban misinya kepada jemaat di Roma. Bukan saja karena misi itu memang tugas besar yang perlu upaya besar, tetapi karena misi adalah hakikat gereja. Inkarnasi dan kurban Kristus melahirkan gereja, dan gereja sejati adalah yang bermisi.

Kedua, ia sedang melaksanakan tugas lain. Jemaat Tuhan di Yerusalem sedang mengalami kesusahan. Inkarnasi Putra Allah membuat Dia ambil bagian dalam penderitaan manusia, dan hasil penyetaraan diri dengan manusia ialah keselamatan orang yang percaya kepada-Nya. Sesama orang Kristen dan sesama gereja seharusnya mencerminkan sifat empati Yesus Kristus. Jemaat di Makedonia dan Akhaia menyadari itu dengan mengirimkan bantuan melalui Paulus. Giliran jemaat di Roma untuk juga mengungkapkan kasih Kristus. Persatuan antar gereja (oikumene) dan pelayanan diakonia antar gereja adalah sikap serasi dengan kasih inkarnasional Kristus.

Ingat, buah inkarnasi Yesus dalam gereja berwujud dalam gereja yang bermisi, yang oikumenis (dalam koinonia), yang berdiakonia.

Dikutip dari Santapan Harian. Hak Cipta : Yayasan Persekutuan Pembaca Alkitab. Isi Santapan Harian lainnya seperti pengantar kitab, artikel ringkas, sisipan, dlsb. dapat diperoleh dengan membeli buku Santapan Harian dari Yayasan PPA: Jl. Pintu Air Raya No 7 Blok C4, Jakarta 10710, ph:3442461-2; 3519742-3; Fax: 344972; email:ppa@ppa.or.id. Informasi lengkap : PPA di: http://www.ppa.or.id

Share

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 9.500 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: