Gembala yang Baik

- Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus -

Bacaan Alkitab hari ini: Yohanes 10

Gambaran tentang Tuhan Yesus sebagai Gembala yang Baik (10:11) merupakan salah satu gambaran Alkitab yang paling membesarkan hati. Bila Tuhan Yesus adalah Gembala kita, kita tidak akan kekurangan karena Dia memelihara kita dan kita aman karena Dia melindungi kita.

Bila kita menganggap Tuhan Yesus sebagai Gembala kita, maka kita akan berusaha mengenali suara-Nya dan berusaha menaati Dia (10:3-4, 14, 27). Bila kita tidak berusaha mengenal Dia, mengenali suara-Nya, dan menaati kehendak-Nya, sebenarnya kita tidak sedang memperlakukan Tuhan Yesus sebagai Gembala kita.

Bila kita menganggap Tuhan Yesus sebagai Gembala kita, kita harus meyakini bahwa Dia selalu memiliki maksud baik terhadap diri kita. Dia tidak mungkin mengarahkan  kita ke tempat yang salah. Bila kita sering terpeleset ke dalam dosa, berarti kita harus lebih bersungguh-sungguh berusaha untuk mengenali petunjuk-petunjuk Tuhan dalam hidup kita. Bila kita selalu mengeluh dan merasa kekurangan, berarti kita belum menyadari bahwa Gembala yang Baik itu selalu memelihara kita.

Bila kita menganggap Tuhan Yesus sebagai Gembala kita, kita harus meyakini bahwa kita aman dalam perlindungan Tuhan. Tidak ada seorang pun yang dapat merebut kita dari perlindungan Tuhan. Tuhan Yesus melindungi kita bukan hanya di dalam hidup kita di dunia saat ini, tetapi juga di dalam kehidupan yang akan datang dalam kekekalan.

Sebagai Gembala yang Baik, Tuhan Yesus bukan hanya melindungi kita dari jauh dengan memerintahkan para malaikat-Nya untuk melindungi kita, tetapi Dia membela kita dengan turun tangan sendiri, bahkan Dia sampai menyerahkan nyawa-Nya sendiri (10:11). [P]

Yohanes 10:11
“Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya”

2 Tanggapan

  1. Terimakasih Tuhan karena Engkau selalu memelihara saya dan keluarga,gembalakan lah kami setiap hari, supaya kami tidak menyimpang dari pemeliharaanMU.Amin

  2. Terimakasih Tuhan buat perlindunganMu di sepanjang hidupku
    biarlah malaikat MU yang selalu menyertai hidup ku
    amin

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 10.392 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: