Tuhan Yesus itu Baik!

- Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus -

Bacaan Alkitab hari ini: Yohanes 16

Segala hal yang Dia rencanakan dan semua tindakan yang Dia lakukan selalu ditujukan bagi kebaikan kita! Kedatangan-Nya ke dunia ini, kematian-Nya, kebangkitan-Nya, kenaikan-Nya ke surga, dan kedatangan-Nya yang kedua kali semuanya untuk kebaikan kita.

Saat Tuhan Yesus ingin melanjutkan misi-Nya untuk menyelamatkan dunia melalui kayu salib, Dia tahu bahwa murid-murid-Nya pasti akan bingung. Oleh karena itu, Dia memberikan penjelasan tentang rencana kehadiran Roh Kudus untuk menggantikan peran Tuhan Yesus selama ini. Dalam 14:16, Roh Kudus disebut sebagai “Penolong yang lain”. Dalam Alkitab bahasa asli Perjanjian Baru, kata “yang lain” menunjuk kepada Pribadi yang berbeda, tetapi keduanya persis sama. Hal ini berarti bahwa Roh Kudus memiliki pikiran, perasaan, dan kemauan yang persis sama dengan Tuhan Yesus. Perbedaannya adalah bahwa Tuhan Yesus dalam wujud Manusia rela dibatasi oleh ruang dan waktu, sedangkan Roh Kudus tidak. Roh Kudus bisa hadir di banyak tempat sekaligus pada waktu yang sama.

Tuhan Yesus menegaskan bahwa rencana kepergian-Nya ke surga untuk menyediakan tempat bagi orang percaya dan rencana kedatangan Roh Kudus itu merupakan rencana Allah yang dimaksudkan untuk kebaikan umat-Nya. Roh Kudus yang akan datang pada hari Pentakosta ini mutlak diperlukan oleh gereja untuk menjalankan misi pekabaran Injil. Tanpa penyertaan Roh Kudus, tidak mungkin pekabaran Injil bisa berhasil karena hanya Roh Kudus yang bisa menyadarkan manusia akan dosanya. Hanya Roh Kudus yang bisa membuat seseorang memahami dan meyakini akan kebenaran, dan hanya Roh Kudus yang bisa menyadarkan seseorang bahwa setiap orang harus mempertanggungjawabkan perbuatannya pada hari penghakiman. [P]

Yohanes 16:7
“Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.”

4 Tanggapan

  1. tinggal tetap di dalam Dia…Dan Dia di dalam kita…dan menjadi sahabat kita yang setia..

  2. hallooo saat teduh :
    aku cma minta pd TUHAN un sllu ad didalam hatiku dan keluargaku aku sungguh takut bila jauh dari TUHAN YESUS…AMIN

  3. tdk takut lagi, karena Tuhan sudah mengirimkan roh kudus untuk menemani kita di dalam dunia ini, terima kasih Tuhan ku…

  4. Allah bapa, putra dan roh kudus tetap tinggal diam di hati kita,.
    Pelihara iman kita
    Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 9.509 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: