Malafungsi

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini:  Keluaran 30:1-31:11

Allah Israel adalah Allah yang tidak bisa dibantah. Perintahnya harus ditaati dan tidak bisa ditawar. Peralatan dan perlengkapan yang digunakan sebagaimana mestinya akan mendatangkan berkat, tetapi malafungsi (pemakaian yang salah) akan mendatangkan hukuman. Misalnya, bangsa Israel harus membuat mezbah untuk tempat pembakaran ukupan yang harus diletakkan di depan tabir yang memisahkan ruang kudus dan ruang mahakudus. Mezbah itu hanya boleh digunakan untuk membakar ukupan dari wangi-wangian dan tidak boleh dipakai untuk keperluan yang lain seperti membakar ukupan yang tidak sesuai dengan ketentuan atau untuk mempersembahkan korban, baik korban bakaran, korban sajian, maupun korban curahan (30:9).

Contoh lain adalah persembahan khusus uang pendamaian sebesar setengah syikal. Persembahan sebesar setengah syikal ini berlaku bagi setiap orang Israel yang berumur dua puluh tahun ke atas. Orang kaya tidak boleh mempersembahkan lebih dan orang miskin tidak boleh mempersembahkan kurang (30:14-15). Jumlah persembahan uang pendamaian yang sama rata ini menunjukkan bahwa penerimaan Allah terhadap umat-Nya tidak mengenal pembedaan antara kaya dan miskin. Setiap orang sama berharga di hadapan Allah.

Suatu peringatan keras yang diberikan dalam bacaan hari ini adalah mengenai minyak urapan. Minyak urapan tidak boleh dibuat dengan sembarang bahan melainkan harus dibuat secara tepat menurut formula (resep) tertentu (30:23-25). Minyak tersebut dimaksudkan untuk dipakai guna mengurapi semua perkakas yang berkaitan dengan Kemah Suci dan juga untuk mengurapi Harun dan anak-anaknya. Pemakaian minyak urapan yang salah (pemakaian untuk orang yang tidak berhak) akan mendatangkan hukuman mati (30:32-33). [P]

Amsal 13:13
“Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.”

7 Tanggapan

  1. Tuhan Yesus Ku Ɣªñç baik. bantu aku menemukan masa depanku Ɣªñç sesuai dengan kehendak Tuhan. Amin

  2. Berikan saya kekuatan untuk taat atas segala perintahMu,tanpa penyertaan Tuhan saya tidak bisa apa-apa.Amin

  3. Ajari kami Bapa untuk melakukan firman MU
    agar kami hidup seturut dengan perintah Mu
    amin

  4. Biarlah kehendakMu saja yang jadi dalam hidupku. AMIN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: