Merencanakan Sebelum Bertindak

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Nehemia 3

Sebelum memulai bisnis, pekerjaan, atau pelayanan, kita harus menyi­apkan modal (materi dan non-materi) serta membuat rencana yang baik dan logis untuk mencapai tujuan.

Setelah meyakini penyertaan Tuhan serta mendapat dukungan raja dan dukungan rekan sebangsanya, Nehemia tidak langsung bekerja, tetapi mengadakan. Dia memetakan lokasi dan kondisi bangunan yang runtuh secara teliti, agar seluruh bangsa Israel bisa dikerahkan untuk membangun. Untuk itu, ia melakukan tiga hal:

Pertama, mengonsolidasikan (3:1). Nehemia mengadakan kon­solidasi untuk menyatukan kekuatan rohaniwan (imam) dan tenaga lapangan (saudara-saudaranya) agar bersama-sama mengambil bagian dalam pembangunan. Dalam proyek besar apa pun, selain memerlukan kekuatan teknis (ahli), kita memerlukan saran dan dukungan rohaniwan.

Kedua, menggalang partisipasi (3:2-19). Nehemia menggalang partisi­pasi berdasarkan puak atau suku. Proyek sebesar apapun—jika seluruh anggota berpartisipasi sesuai dengan kapasitas masing-masing—akan dapat diselesaikan. Jangan merasa hebat dan mampu mengerjakan pe­kerjaan besar dengan kemampuan sendiri. Bekerja bersama lebih baik dari pada bekerja sendiri.

Ketiga, memberdayakan potensi (3:20-32). berdasarkan kemampuan masing-masing yang unik. Ada pengelompo­kan seksi masing-masing sesuai dengan keahlian dan kemampuannya. Kemampuan dan kecakapan masing-masing anggota harus dihargai.

Bisnis, pekerjaan, dan pelayanan apa pun yang kita kerjakan harus dimulai dengan konsolidasi (menemukan dan menyatukan semua po­tensi yang kita miliki); menggalang partisipasi dari orang yang mendu­kung pekerjaan kita, dan memberdayakan potensi sesuai dengan keah­lian masing-masing untuk mencapai tujuan. [JY]

Galatia 6:2
”Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: