Tindakan Menghadapi Intimidasi

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Nehemia 6-7

Bila Anda mendapat intimidasi (ancaman), bagaimana sikap Anda? Setelah pembangunan hampir selesai, Sanbalat dan Tobia mengintimi­dasi Nehemia agar pembangunan tembok Yerusalem terhenti atau se­tidaknya tidak dapat diselesaikan dengan cepat. Menghadapi intimidasi itu, sikap Nehemia amat bijaksana:

Pertama, Nehemia tidak bersikap reaktif (6:1-8). Ketika menerima undangan dari Sanbalat dan Tobia untuk bertemu, Nehemia tidak lang­sung menanggapi, sehingga ia sampai lima kali diundang. Nehemia ti­dak mau menerima undangan tersebut karena ia mengetahui maksud orang-orang yang mengundang dia, yaitu untuk membunuhnya. Sikap yang bijak dalam menghadapi segala bentuk intimidasi adalah dengan sikap yang tidak reaktif. Sikap reaktif bisa berakibat fatal.

Kedua, Nehemia tidak mau menyerah (6:9-13). Sekalipun ada an­caman yang menghambat bahkan menghentikan pembangunan tembok Yerusalem, ancaman itu tidak menghentikan semangat Nehemia untuk membangun. Ia justru berusaha sekuat tenaga untuk menyelesaikan pe­kerjaannya. Orang yang percaya sudah sepatutnya bersikap optimis.

Ketiga, Nehemia tidak melupakan Tuhan (6:14-17). Saat menghadapi intimidasi dari Sanbalat dan Tobia, Nehemia berseru kepada Tuhan dan menyerahkan musuhnya ke dalam tangan Tuhan. Sikap berserah kepada Tuhan menimbulkan rasa aman dan tenang.

Kita bisa menghadapi segala bentuk intimidasi dengan bijak jika kita tidak bersikap reaktif atas apapun yang terjadi di sekitar kita, tidak mu­dah menyerah dan putus asa menghadapi ancaman, dan tidak melupa­kan Tuhan dalam segala hal. Tuhan mengenal kita dan pasti memberikan pertolongan tepat pada waktunya. [JY]

Efesus 6:8
”Kamu tahu, bahwa setiap orang, baik hamba, maupun orang merdeka, kalau ia telah berbuat sesuatu yang baik, ia akan menerima balasannya dari Tuhan.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: