Memperoleh Kemuliaan Kristus

Baca: 2 Tesalonika 2:13-17

Sebagai anak, kita merasa bangga jika kita mendengar orang lain berkata betapa miripnya kita dengan orang tua kita. Namun, pernahkah kita bertanya apakah orang tua kita merasa bangga memiliki anak seperti kita? Ketika Alkitab berbicara tentang memperoleh kemuliaan Kristus, Alkitab mengacu kepada pemahaman tentang kebanggaan yang timbul saat kita menampakkan ciri kemuliaan tersebut.

Paulus menegaskan ucapan syukurnya kepada jemaat Tesalonika karena karya dan tindakan Allah dalam Kristus sungguh nyata dalam kehidupan mereka (13). Itu sebabnya, sudah selayaknya jemaat membuktikan karya ini melalui ketaatan mereka terhadap pengajaran yang mereka terima dari rasul sendiri (14-15). Agaknya inilah yang menjadi pergumulan jemaat, yaitu pengajar-pengajar palsu secara giat mencoba mengalihkan kemuliaan Kristus. Para pengajar palsu akan mendorong para pendengarnya untuk memuliakan sang pengajar dan semua perilakunya, hingga keutamaan Kristus sedikit demi sedikit akan sirna. Oleh karena itu, Rasul Paulus mengingatkan bahwa karya Injil yang sejati akan membawa mereka kepada perubahan hidup yang nyata. Hal itu bukan karena perbuatan mereka, melainkan anugerah Kristus semata. Anugerah ini akan menjadi penghiburan dan kekuatan dalam pekerjaan dan perkataan yang baik (16-17).

Kapan terakhir kali kita mengalami hal serupa? Ketika kesukaan dan kebiasaan kita yang buruk secara perlahan menjauhkan kita dari ibadah kepada Kristus? Pernahkah kita sampai kepada satu titik di mana kita mulai menyadari, bahwa kita tidak lagi dalam perjalanan iman kita?

Kristus berkata bahwa Ia datang untuk memberi hidup yang berkelimpahan (Yoh. 10:10b). Berarti hidup kita akan dibentuk menjadi semakin serupa dengan teladan-Nya, Sang Anak Allah (Rom. 8:29). Ketika kita menjadi percaya, kita menerima kemuliaan Allah Anak, supaya kita dapat menghadirkan dan mewujudkan iman, kebenaran, dan kasih Kristus di dalam dunia. Maukah kita dipakai menjadi alat Kristus dan dibentuk menjadi makin serupa dengan-Nya? [IBS]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: