Respons Ideal Terhadap Firman Tuhan

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Nehemia 9

Bagaimana cara Anda merespons firman Tuhan? Respons yang baik ter­hadap firman Tuhan mencerminkan sikap hormat kepada Tuhan, dan sikap hormat kepada Tuhan mencerminkan kesadaran diri di hadapan Tuhan. Sebaliknya, respons yang buruk terhadap firman Tuhan mencer­minkan sikap tidak menghormati Tuhan, dan sikap tidak menghormati Tuhan mencerminkan sikap tidak tahu diri di hadapan Tuhan.

Setelah umat Tuhan mendengar pembacaan kitab suci oleh Ezra, ahli Taurat itu, mereka sangat kagum, lalu mereka bertekad mempelajari Taurat Musa dengan teliti. Melalui kitab suci, mereka mengingat perbu­atan Tuhan yang ajaib di sepanjang sejarah nenek moyang mereka, dan mereka mengakui kemahakuasaan Tuhan. Pengenalan akan Allah mem­bangkitkan kesadaran diri di hadapan Tuhan serta respons berupa:

Pertama, pengakuan dosa (9:1-4). Pembacaan kitab suci membang­kitkan kesadaran akan dosa, baik dosa pribadi maupun dosa nenek mo­yang di masa lampau. Kesadaran ini membuat mereka mengaku dosa dan mohon pengampunan Tuhan.

Kedua, pujian kepada Tuhan (9:5-6). Melalui kitab suci, bangsa Israel mengenal keagungan sifat Allah yang mengampuni dosa. Pengenalan akan Allah itu membangkitkan respons spontan untuk memuji Tuhan.

Ketiga, pengakuan iman (9:7-37). Di tengah pergumulan, bangsa Israel mengakui kemahakuasaan Tuhan yang menciptakan langit dan bumi, dan yang melakukan segala perbuatan ajaib di antara umat-Nya.

Orang yang menyadari siapa dirinya di hadapan Tuhan, saat mende­ngar firman Tuhan, akan mengakui keberdosaannya, mengalami peng­ampunan dosa, memuji Tuhan, dan mengakui kedaulatan Tuhan. [JY]

1 Korintus 15: 10
”Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: