Pujian Sebagai Respons

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Mazmur 145

Sebagian besar kitab Mazmur berisi respons Raja Daud terhadap ke­beradaan (karakter) Allah dan tindakan Allah terhadap dirinya. Demikian pula apa yang ia ungkapkan dalam pasal ini. Raja Daud mengungkapkan bahwa dia hendak mengagungkan Allah serta memuji dan memuliakan nama-Nya (145:1-2). Keberadaan Allah yang besar, mulia, agung, perka­sa, adil, pengasih dan penyayang, serta sabar, terjalin dengan tindakan-Nya yang ajaib, dahsyat, baik, penuh rahmat dan kasih setia. Keberadaan Allah yang terjalin dengan tindakan-Nya itulah yang membangkitkan respons yang seolah-olah tak pernah habis dalam kitab Mazmur.

Mengapa respons pujian dan syukur jarang muncul dalam diri orang percaya pada masa kini. Alasan pertama adalah karena jebakan kesibu­kan yang tak pernah habis membuat manusia zaman ini sering “merasa” tidak memiliki waktu untuk memikirkan hubungan dirinya dengan Allah. Sebenarnya alasan ini bukan alasan yang jujur! Yang benar adalah bahwa kita tidak rela menyediakan waktu— bukan tidak memiliki waktu—un­tuk memikirkan hubungan kita dengan Allah. Kita beranggapan bahwa hal-hal lain “harus” kita lakukan, sedangkan menjalin relasi dengan Allah “bisa” kita abaikan!

Alasan kedua adalah karena kita kurang berdoa. Bila kita tidak berdoa, kita cenderung untuk tidak melihat tindakan Allah dalam hidup kita. Saat Allah memberi pertolongan, kita menganggap hal itu sebagai kewajaran (peristiwa yang sudah seharusnya terjadi). [P]

Mazmur 145:19-21
”Ia melakukan kehendak orang-orang yang takut akan Dia, mendengarkan teriak mereka minta tolong dan menyelamatkan mereka. TUHAN menjaga semua orang yang mengasihi-Nya, tetapi semua orang fasik akan dibinasakan-Nya. Mulutku mengucapkan puji-pujian kepada TUHAN dan biarlah segala makhluk memuji nama-Nya yang kudus untuk seterusnya dan selamanya.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: