Tiga Berkat Kehidupan

Baca: Amsal 10:1-16

Amsal 10:1-22:16 dikenal dengan sebutan amsal-amsal Salomo, dan berisi berbagai macam dan ragam nasihat kehidupan. Seorang pengkhotbah mengatakan bahwa Amsal sesungguhnya adalah kalimat pendek yang ditarik dari pengalaman yang panjang. Pengalaman apa yang ingin disampaikan dalam Ams. 10:1-16?

Bagian ini mengajak kita merenungkan tiga berkat yang diterima dari Allah dalam hidup ini: anak (1), harta milik (2-6, 15-16), dan relasi dengan sesama (7-14). Penulis Amsal menegaskan pentingnya mengajarkan kebijaksanaan kepada anak, supaya tidak mendatangkan kedukaan bagi orang tuanya. Kebijaksanaan mengenai apa? Mengenai bagaimana mengelola harta yang Tuhan percayakan kepada kita, dan pentingnya mengutamakan kebenaran dan kerajinan untuk mengelolanya. Di dalam kebenaran ini termaktub juga relasi dengan sesama, di mana penulis Amsal menegaskan pentingnya menjaga hati dan perkataan dalam perbuatan. Dimanakah peran Tuhan dalam semua ini? Perhatikan perbandingan antara orang benar dan orang fasik. Penulis Amsal menarik garis yang tegas antara hidup di dalam Tuhan Allah dengan hidup yang tidak menuankan Allah yang benar. Ketika sumber dan pusat kehidup digeser dari Allah yang sejati, di sana kita akan jatuh pada kefasikan.

Sudahkah kita menjadi bijak dalam kehidupan? Adakah jalan yang kita tempuh sudah bersesuaian dengan kebenaran? Apakah kita cermat dalam mengikuti perintah-perintah kebenaran dan mempraktekkannya? Bagaimana cara kita memperlakukan sesama? Apa yang menjadi sasaran upah kita? Kehidupan ataukah dosa?

Akhirnya, penulis Amsal mengajak kita menguji sumber kebahagiaan kita. Bagi orang kaya, harta adalah sandarannya. Bagi orang melarat, mereka dipenuhi ketakutan akan kemiskinannya. Tentu saja sikap hidup yang benar adalah kebijaksanaan, bahwa Tuhan tidak membiarkan orang benar melarat (3), dan bahwa upah orang benar akan membawa kepada kehidupan (16). [IBS]

 

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: