Peran Kita Untuk Kemuliaan-Nya

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Wahyu 8

Wahyu 8:6-13 yang kita baca hari ini mengungkapkan hal yang (mung­kin) mengejutkan, karena murka Allah dinyatakan juga kepada berbagai ciptaan. Kita menemukan bahwa pohon, rumput, dan bumi—tentu ter­masuk berbagai mahluk yang ada di bumi—dihancurkan (8:7). Laut dan berbagai ikan di dalamnya, sungai-sungai serta sumber air (8:10-11), juga ciptaan-ciptaan lainnya (8:12), begitu pula manusia (8:11), menga­lami kebinasaan. Akibat dari dosa manusia, seluruh ciptaan menerima ungkapan amarah Allah. Meskipun begitu, ketika Allah menggenapkan rencana keselamatan-Nya di akhir zaman, semua ciptaan akan dipulih­kan (Yesaya 11:1-10, Roma 8:19-21, Wahyu 21-22). Sebenarnya, sejak saat penciptaan, rencana dan kehendak Allah telah mencakup semua ciptaan.

Pada waktu penciptaan, Allah menjadikan segala sesuatu dan Dia memandang bahwa semua ciptaan-Nya itu sungguh amat baik (Kejadi­an 1). Lalu Dia memberikan mandat kepada manusia yang diciptakan dalam gambar-Nya. Allah menghendaki agar kita mengupayakan selu­ruh ciptaan untuk semakin memuliakan Dia (Kejadian 1:26-28, 2:15). Namun, kejatuhan manusia dalam dosa menyebabkan manusia terpisah dari Allah, sesama, alam, bahkan terpisah dari dirinya sendiri. Dosa pada akhirnya menyebabkan manusia tidak lagi bisa bertindak sebagai rekan kerja-Nya. Dalam keadaan seperti itu, harapan muncul melalui orang-orang percaya, yaitu mereka yang telah dipilih Allah untuk melakukan perbuatan baik yang telah Dia persiapkan sebelumnya (Efesus 2:10). Kitalah orang-orang yang seharusnya menjalankan mandat Allah dalam hidup setiap hari. Apakah yang bisa kita lakukan dalam relasi dengan orang lain, dengan alam, dan dengan diri sendiri agar nama-Nya sema­kin dimuliakan? [ECW]

Lukas 2:14
“Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: