Hiduplah dengan Benar

Baca: Amsal 28:15-28

Dalam kehidupan kita, seorang pemimpin sangat menentukan nasib rakyatnya. Ketika pemimpin berperilaku seperti orang fasik, ia akan menghancurkan rakyatnya sendiri. Seperti seekor singa atau pun beruang memangsa yang lemah (15). Begitu pula dengan seorang pemimpin tidak bijaksana yang mengejar laba yang tidak halal akan banyak menindas rakyatnya (16). Karena itu, seseorang yang melakukan kesalahan akan menanggung akibat dari perbuatannya (18).Tidak baik jika kita berusaha menolongnya menghindari konsekuensi dosanya. Lebih baik kita membiarkan dia menerima konsekuensi dosanya, sebab orang yang menumpahkan darah orang lain harus menerima hukuman yang berupa kematian (17).

Banyak orang memimpikan menjadi kaya mendadak tanpa mau bekerja keras.Jika kita mau berhasil dalam hidup, kita harus rajin bekerja. Jangan mengejar sesuatu yang sia-sia karena akan berakhir dengan kemiskinan (19). Ketika dipercaya, kita akan mendapat berkat, tetapi orang yang ingin cepat kaya tidak akan luput dari hukuman (20). Sikap serakah merupakan sifat ingin mendapatkan sesuatu lebih banyak daripada yang seharusnya diterima. Itu sebabnya hal itu sering menimbulkan pertengkaran (25). Sebaiknya kita percaya kepada Tuhan dan bekerja dengan baik, niscaya Tuhan akan memberkati dan memberikan kelimpahan (25). Setelah itu, sepatutnya kita membuka mata terhadap mereka yang kekurangan dan memberi bantuan kepada mereka, seperti yang selalu Allah lakukan (bdk. Ul. 10:17-19). Allah akan memberkati ketika kita melakukannya dan kita tidak akan kekurangan (27).

Allah mengerti bahwa kita takut memberi karena khawatir nantinya ketika ditimpa kesulitan, kita akan kekurangan. Tetapi nas ini menghimbau kita untuk hidup dengan mata iman dan percaya bahwa Allah akan memberkati dan memelihara mereka yang banyak menolong orang lain. Bukan berarti kita memberi dengan motivasi ingin mendapat balasan yang berlipat ganda. Kita memberi karena percaya bahwa Allah akan memelihara seluruh kehidupan kita. [IT]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: