Sadar dan Berjaga-jagalah

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Wahyu 12

Wahyu 12:4b mengingatkan kita akan peristiwa saat Herodes berusaha untuk membunuh Yesus (Matius 2:16-18). Namun, melalui Wahyu 12:4b, kita diberitahu bahwa ada kekuatan lain yang bergerak di belakang Herodes, yang tidak lain adalah Iblis (Wahyu 12:9). Apabila dibanding­kan dengan Kejadian 3:15 yang mengungkapkan nubuat Allah mengenai anak sang perempuan yang akan meremukkan kepala si ular, sebenar­nya Iblis sangat ingin membunuh Sang Anak yang dilahirkan di hari Natal itu, sebab Iblis tahu bahwa Sang Anak akan menghancurkannya. Oleh karena itu, Iblis bekerja di balik tindakan Herodes membunuh anak-anak di Betlehem. Namun, Allah kita berkuasa dan berdaulat (Wahyu 12:10), sehingga rencana keselamatan tetap dapat digenapkan oleh Yesus Kris­tus melalui karya-Nya yang agung di kayu salib. Darah Sang Anak Domba sudah mengalahkan kuasa si jahat (Wahyu 2:11).

Walaupun begitu, Allah masih mengizinkan Iblis untuk sekarang ini dapat melakukan rencana jahatnya (Wahyu 12:13,15). Dalam kaitan itu, Iblis mengincar para pengikut Kristus, dengan tujuan untuk melemahkan pertumbuhan rohani, dan mencegah kesaksian orang percaya (Wahyu 12:17). Sampai kapan pun, Iblis tidak ingin manusia semakin mengenal Allah dan bergaul dengan Dia. Ia terus mengamati dan bersiap menerkam dengan segala tipu dayanya (1 Petrus 5:8). Oleh karena itu, marilah kita sadar dan berjaga-jaga senantiasa. Sikap seperti ini menuntut kita un­tuk serius melawan segala pengaruh Iblis. Iblis seringkali menggocoh (meninju dengan keras) melalui budaya zaman, filosofi pemikiran, dan sebagainya, yang berlawanan dengan firman tetapi tersembunyi (tidak terlihat jelas). Lalu, marilah kita mengandalkan Dia (Allah) sepenuhnya dan mengenakan seluruh senjata Allah. [ECW]

Efesus 6:10-11
“Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: