Iman dan Ketabahan Orang Kudus

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Wahyu 13

Naga yang memburu perempuan di Wahyu 12—yang tidak lain adalah Iblis—diungkapkan dalam Wahyu 13 sebagai memberi kuasa kepada bi­natang yang keluar dari dalam laut (13:2). Binatang dengan tujuh kepala yang dikisahkan di pasal 13 ini disebutkan kembali di pasal 17. Kemu­dian, disebutkan bahwa ketujuh kepala itu adalah tujuh gunung (17:9), dan tujuh raja (17:10). Gunung sendiri seringkali merupakan simbol dari kerajaan (Daniel 2:34,35,44,45), sehingga para ahli mengungkapkan bahwa binatang itu melambangkan tujuh kerajaan. Sekalipun sang pe­nguasa digambarkan dengan ciri yang tidak biasa (Wahyu 13:2), namun ia memiliki luka yang membahayakan nyawanya (13:3). Artinya, bina­tang itu menyimbolkan seseorang yang menjadi penguasa atau raja di dunia. Meskipun ada beberapa penafsiran mengenai raja atau kerajaan di pasal 13, namun ada satu kesepakatan, yaitu bahwa binatang di pasal 13 ini melambangkan kerajaan Romawi.

Kerajaan Romawi adalah kerajaan yang besar, namun tidak takut kepada Allah (13:5-6). Sang Kaisar disamakan dengan Tuhan, dan ke­sombongan tersebut tersirat di 13:5,6. Lalu ia diperkenankan oleh Allah untuk “berperang melawan orang-orang kudus” (13:7). Kekaisaran Ro­mawi memang mendatangkan kesulitan kepada gereja mula-mula. Wa­laupun begitu, orang-orang Kristen pada zaman itu tetap bertekun pada imannya dan melakukan perbuatan-perbuatan baik seperti memperha­tikan para budak, merawat orang sakit, dan sebagainya. Mereka terus bertumbuh di tengah berbagai tekanan (Hal ini dikisahkan dalam buku The Rise of Christianity yang ditulis oleh Rodney Stark). Kiranya warisan gereja mula-mula ini mendorong kita untuk tetap setia melakukan fir­man dan menyatakan kasih secara nyata. [ECW]

Yakobus 1:12
“Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: