Percaya Walau Tak Mengerti

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Wahyu 15

Puji-pujian yang diungkapkan oleh umat Allah di Wahyu 15 ini menyata­kan kebenaran tentang Allah. Dia besar dan ajaib, lalu segala jalan-Nya adalah adil dan juga benar (15:3). Keadilan dan kebenaran adalah dua realita yang didambakan manusia. Yang adil dan benar itu akan terwu­jud seutuhnya di akhir zaman, sebab penghakiman Allah adalah benar (15:4). Siapa yang tidak bergembira tatkala kebenaran dan keadilan ditegakkan? Namun, realita kehidupan di bumi ini tidaklah demikian. Salomo yang mengevaluasi hidup dengan jujur menemukan bahwa di tempat di mana keadilan semestinya dikedepankan, justru ketidaka­dilan mengemuka (Pengkhotbah 3:16). Penindasan terjadi dan tiada orang yang membawa kelepasan bagi yang terinjak-injak (Pengkhotbah 4:1). Kita tidak bisa memungkiri banyaknya realita tentang ketidakadilan dalam hidup sehari-hari. Seandainya kita menjadi kurban dari ketidaka­dilan, maka perasaan marah, gelisah, cemas, takut, dan sebagainya akan menyeruak diiringi oleh pertanyaan seperti, “Mengapa saya? Apa salah saya?” sehingga hidup ini diisi oleh pertanyaan-pertanyaan yang sangat sulit atau bahkan tidak ada jawaban. Akibatnya seorang Kristen dapat merasa tidak berdaya, putus asa, imannya terguncang, dan meragukan pemeliharaan Allah.

Dua hal yang dapat menjadi pegangan.

Pertama, kepenuhan hidup kita alami bukan ketika semua pertanyaan dapat dijawab. Akan tetapi,, seorang Kristen tetap dapat percaya dan berserah kepada Allah walau­pun masih ada ketidakmengertian (Lihat kisah Abraham dalam Kejadian 12:1-9). Percaya dan berserah kepada Allah merupakan modal untuk mengalami kepenuhan hidup.

Kedua, Wahyu 15 memberikan kepada kita pengharapan, bahwa ketidakadilan itu tidak akan berlangsung sela­manya. Pada akhirnya, Allah akan menegakkan keadilan [ECW]

Mazmur 25:15
“Mataku tetap terarah kepada TUHAN, sebab Ia mengeluarkan kakiku dari jaring.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: