Sang Pemersatu

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Efesus 2:11-22

Orang percaya harus memandang kehidupan lama yang diwarnai oleh dosa sebagai masa lalu yang harus ditinggalkan, serta harus menjalani kehidupan baru yang sesuai dengan rencana Allah (2:1-10). Salah satu wujud kehidupan baru yang harus diperjuangkan dalam kehidupan Kris­ten adalah persatuan orang percaya. Karena orang percaya adalah orang yang mendekat kepada Kristus, maka kumpulan orang percaya seharus­nya merupakan satu keluarga atau satu umat atau satu tubuh (2:16) yang sewajarnya berhubungan secara akrab (dekat) antara yang seorang dengan yang lain. Terjadinya perseteruan (permusuhan) di dalam tubuh Kristus merupakan cacat yang harus dihindari.

Ada beberapa penyebab yang bisa merusak persatuan dalam tu­buh Kristus:

Pertama, persatuan bisa dirusak oleh orang-orang yang merasa superior (lebih pandai, lebih kaya, lebih terhormat, lebih rohani) ketimbang orang-orang lain di dalam tubuh Kristus.

Kedua, persatuan bisa dirusak oleh orang-orang yang egois (mementingkan diri sendiri, serakah, ingin menonjol) di dalam tubuh Kristus.

Ketiga, persatuan bisa dirusak oleh orang-orang yang bersikap tidak dewasa dalam mengha­dapi perbedaan. Kita perlu menyadari bahwa persatuan Kristen adalah persatuan di dalam kepelbagaian, bukan persatuan yang dijalin oleh ke­seragaman.

Persatuan Kristen hanya bisa terwujud bila Yesus Kristus menempati posisi paling utama dalam setiap kumpulan orang percaya. Dengan per­kataan lain, persatuan hanya bisa tercapai bila Kristus dipandang dan di­perlakukan sebagai kepala gereja, pemimpin umat Allah. Bila tujuan dan kepentingan Kristus menjadi yang paling utama dalam suatu komunitas Kristen, niscaya persatuan akan tercapai. [P]

Efesus 2:14
”Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: