Sahabat Orang Berdosa

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Matius 11:17-24

Kekhasan pelayanan Tuhan Yesus dibandingkan dengan para penga­jar yang lain pada masa itu adalah penerimaan Tuhan Yesus terhadap orang-orang terpinggirkan yang dalam Alkitab disebut sebagai “orang berdosa”, yaitu para pelacur dan pemungut cukai. Pada masa itu, para pelacur dan pemungut cukai (petugas pajak) adalah kelompok yang dibenci dan dijauhi oleh masyarakat (merupakan sampah masyarakat). Para pelacur dianggap merugikan karena merusak rumah tangga orang lain, sedangkan para pemungut cukai menyengsarakan rakyat karena menetapkan pajak yang tinggi demi menyenangkan pemerintah Ro­mawi dan memperkaya diri sendiri.

Di sepanjang masa, selalu ada orang yang tersingkir dalam masyara­kat. Mereka hanya nyaman saat berada di dalam lingkungan yang sama dengan diri mereka. Diskriminasi dan sikap merendahkan orang lain se­lalu ada dalam setiap suku atau setiap bangsa. Di gereja pun, tidak gam­pang bagi orang kaya untuk menghargai orang miskin atau bagi orang berpendidikan tinggi untuk menghargai orang yang berpendidikan le­bih rendah. Tidak mengherankan bila di gereja pun seringkali ditemui orang-orang yang selalu duduk menyendiri dan menghindar dari keru­manan massa.

Berita Natal adalah kabar baik bagi setiap orang, termasuk bagi me­reka yang tersingkir. Perhatikan bahwa Tuhan Yesus tidak bersikap anti orang kaya, tetapi jelas bahwa Tuhan Yesus bersedia menerima orang yang tersingkir dalam masyarakat tanpa menetapkan persyaratan apa pun. Bila Anda merasa bahwa diri Anda tersingkir dalam masyarakat, ingatlah bahwa Tuhan Yesus mau menjadi sahabat Anda! [P]

Matius 11:19
”Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan mereka berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa. Tetapi hikmat Allah dibenarkan oleh perbuatannya.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: