Pembebas dari Dosa

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Titus 2:11-15

Melalui kematian-Nya di kayu salib, Kristus telah menebus dosa umat manusia, sehingga orang percaya tidak perlu takut terhadap hukuman dosa. Sekalipun demikian, tidak berarti bahwa manusia telah bebas dari godaan untuk berbuat dosa dan tidak berarti pula bahwa orang percaya tidak bisa lagi melakukan dosa. Sekalipun demikian, kita juga perlu meya­kini bahwa Kristus telah mengalahkan kuasa dosa, dan kemenangan-Nya itu dibuktikan melalui kebangkitan-Nya dari antara orang mati, sehingga orang percaya tidak boleh membiarkan dirinya dikuasai oleh keinginan melakukan dosa (bandingkan dengan 1 Korintus 15:55-57).

Kristus telah menebus dosa kita bukan hanya agar kita terbebas dari hukuman dosa, tetapi juga agar kita tidak lagi melakukan dosa, mela­inkan agar kita hidup untuk melakukan pekerjaan baik yang telah di­tentukan Allah bagi setiap orang percaya (Efesus 2:10; Titus 2:14). Agar orang percaya dapat meninggalkan kehidupan yang lama dan menjalani kehidupan yang baru di dalam Kristus, Allah mengaruniakan Roh Kudus untuk mengerjakan pembaruan di dalam kehidupan kita (Titus 3:5). Roh Kudus inilah yang akan senantiasa mengingatkan kita akan nilai-nilai hi­dup yang baru yang kita miliki di dalam Kristus.

Agar kebebasan dari dosa bukan hanya sekedar status yang kita mi­liki berdasarkan iman terhadap apa yang telah Kristus kerjakan bagi kita di kayu salib, kita harus senantiasa mengisi pikiran kita dengan nilai-nilai kehidupan yang terdapat di dalam Alkitab. Mendengar, membaca, mem­pelajari, menghafal, merenungkan, dan melakukan firman Tuhan adalah hal-hal yang akan membuat nilai-nilai baru di dalam Kristus tertanam di dalam kehidupan kita dan akan menolong kita untuk menjauhkan diri dari perbuatan dosa. [P]

Titus 2:14
”yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: