Allah Menjadi Manusia

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Yohanes 1:1-18

Setiap tanggal 25 Desember, kita memperingati hari Natal, yaitu hari kelahiran Tuhan Yesus di dunia ini. Saat merayakan Natal, kita harus me­nyadari bahwa makna kelahiran Tuhan Yesus itu berbeda dengan makna kelahiran bayi-bayi yang lain di seluruh muka bumi ini. Saat dilahirkan, seseorang barulah menjadi manusia secara utuh. Saat masih menjadi janin di dalam rahim ibunya, janin itu belum terbentuk secara sem­purna. Kondisi ini berbeda dengan Tuhan Yesus. Sebelum dilahirkan di dunia ini, Tuhan Yesus sudah ada secara sempurna sebagai Pribadi Allah yang Kedua (Allah Anak). Saat dilahirkan di dunia ini, Tuhan Yesus justru membatasi diri-Nya sendiri. Dengan menjadi manusia, Allah yang tidak terbatas menjadi Manusia yang terbatas. Akan tetapi, dengan menjadi Manusia, Allah yang Mahatinggi dan Tidak Terjangkau oleh manusia itu telah merendahkan diri-Nya sehingga keberadaan Allah bisa dilihat dan dipahami oleh manusia.

Dalam bacaan Alkitab hari ini, jelas bahwa yang dimaksud dengan Firman itu adalah Allah sendiri (1:1), dan Firman yang menjadi Manusia itu adalah Yesus Kristus (bandingkan 1:14-15 dan 1:29-30). Walaupun Allah menjadi Manusia, hal ini tidak berarti bahwa Yesus Kristus telah kehilangan ke-Allah-an-Nya, tetapi berarti bahwa Yesus Kristus mem­batasi diri-Nya dan Ia mengikatkan diri-Nya pada batas-batas manusiawi seperti misalnya keterikatan terhadap ruang dan waktu (artinya tidak berada pada dua tempat yang berbeda pada waktu yang sama). Setiap kali merayakan Natal, kita harus senantiasa menyadari bahwa Bayi Yesus Kristus yang kita peringati kelahiran-Nya itu adalah Allah yang Mahating­gi yang harus kita puji dan kita muliakan. [P]

Yohanes 1:14
”Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: