Sang Pengantara

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Ibrani 7:7-28

Pada masa Perjanjian Lama, imam adalah pengantara atau penghubung antara Allah dan manusia. Para imam adalah wakil umat Allah dalam ibadah. Bila umat Allah ingin mempersembahkan korban, mereka tidak melakukannya sendiri, tetapi melakukannya dengan bantuan seorang imam. Selain menjadi wakil umat Allah, seorang imam juga sekaligus merupakan wakil Allah untuk mengajar umat Allah, agar umat Allah mengerti dan melaksanakan kehendak Allah.

Saat Tuhan Yesus wafat di kayu salib, sistem keimaman semacam itu dirombak. Umat Allah bisa beribadah secara langsung tanpa melalui seorang imam, tetapi sesungguhnya yang menjadi Pengantara adalah Tuhan Yesus sendiri. Tuhan Yesuslah yang menyampaikan doa kita ke­pada Allah (sehingga kita sekarang berdoa dengan perantaraan Tuhan Yesus), dan kita mengenal kehendak Allah melalui teladan kehidupan Tuhan Yesus dan ajaran-Nya yang terdapat di dalam Alkitab.

Imam pada masa Perjanjian Lama adalah orang berdosa sama seper­ti umat Allah pada umumnya dan masa pelayanan mereka juga terbatas (dibatasi oleh usia dan kesehatan), sedangkan Tuhan Yesus adalah Peng­antara yang sempurna, yang tidak berdosa, dan yang senantiasa men­jadi Pengantara antara kita dan Allah. Imam yang mempersembahkan korban bagi umat Allah tidak bisa menyelesaikan masalah dosa secara tuntas. Hanya Tuhan Yesus, Sang Imam Besar Agung, yang dapat menun­taskan masalah dosa melalui pengorbanan diri-Nya sendiri di kayu salib. Dia bukan hanya menyelesaikan masalah kita, tetapi Dia juga menyertai kita. Saat merayakan Natal, walaupun kita tidak bisa melihat kehadiran Tuhan Yesus secara fisik, kita bisa meyakini bahwa Tuhan Yesus hadir di antara orang-orang percaya yang berkumpul di dalam nama-Nya. [P]

Ibrani 7:25
”Karena itu Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: