Dia Segera Datang: Setialah!

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Wahyu 22

Di bagian akhir kitab pertama dari Perjanjian Baru—yaitu Injil Matius—dikisahkan bahwa Yesus Kristus bangkit dari antara orang mati. Kemu­dian, di bagian akhir Perjanjian Baru—Wahyu pasal 22 —diberitakan bahwa Yesus Kristus akan datang kembali. Tiga kali dikatakan di pasal ini, “Aku datang segera” (22:7, 12, 20). Perikop tersebut menegaskan bah­wa Yesus Kristus, yang telah bangkit dan kembali ke surga, akan datang kembali. Terhadap kebenaran tersebut, kita harus mempercayainya dan memperhatikan beberapa hal.

Pertama, Kitab Wahyu menggarisbawahi bukan hanya kedatang­an-Nya yang kedua, melainkan nuansa “segera” mengenai kedatang­an-Nya tersebut. Lima kali digunakan kata Yunani ταχυ (baca: “tachu”) atau “segera” dalam kaitan dengan kedatangan-Nya. Bila kita memper­cayai adanya Allah yang setia kepada janji-Nya, maka nuansa “segera” itu hendaknya kita perhatikan dengan sungguh. Terlepas dari realita waktu yang telah bergulir lebih dari dua ribu tahun sejak Yohanes me­nulis Kitab Wahyu, nyatanya sampai saat ini berita yang sama tetap disu­arakan, “Aku datang segera”. Penulis percaya bahwa istilah “segera” di sini adalah dalam kerangka waktu. Namun, pengertian waktu “segera” dalam perspektif Allah yang kekal berbeda dengan konsep manusia. Di sini, dibutuhkan kemauan dari manusia untuk merendahkan kemam­puan akali dan belajar menerima serta percaya bahwa Dia akan “segera” datang. Artinya, hal ini adalah salah satu latihan bagi kita untuk percaya kepada-Nya.

Kedua, Yesus Kristus “segera” datang, namun tak seorang pun tahu kapan hal itu terjadi. Hal ini mendorong kita untuk menyadari gentingnya berita tersebut. Jadi, kita dapat bersungguh hati untuk hidup benar seperti yang Dia kehendaki serta melakukan tugas panggilan-Nya, yaitu menjadikan semua bangsa murid-Nya. Soli Deo Gloria! [ECW]

Wahyu 2:10b
“Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan..”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: