Ingatlah Karya-Nya

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Keluaran 15:22-27

Salah satu “penyakit” yang sering menimpa manusia adalah “lupa” atau “melupakan” kebaikan, baik kebaikan orang lain maupun kebaik­an Tuhan. Yang lebih parah adalah jika seseorang melupakan anugrah Tuhan yang pernah ia alami. Dalam bacaan Alkitab hari ini, umat Israel baru saja mengalami kebaikan Tuhan, yaitu terhindar dari tulah (yang ditimpakan kepada bangsa Mesir) dan berhasil menyebrangi laut Tebe­rau. Namun, setelah lewat tiga hari, umat Israel langsung melupakan karya Tuhan. Hal ini merupakan suatu ironi (seharusnya tidak terjadi) mengingat bahwa tiga hari sebelumnya mereka memuji Tuhan dengan bersorak-sorai ketika melihat karya Tuhan dan kebaikan-Nya (15:1-21)

Mengapa bangsa Israel bersikap seperti itu? Sikap seperti itu muncul karena pandangan bangsa Israel terfokus pada masalah yang sedang me­reka hadapi (air yg pahit), sehingga mereka melupakan kuasa Tuhan dan apa yang telah dilakukan-Nya. Mereka gagal mengingat karya Tuhan. Hal ini juga akan kita alami jika masalah menjadi fokus hidup kita. Alihkan fokus hidup kita pada kebaikan Tuhan dan ingatlah Karya-Nya!

Tiga hari perjalanan yang melelahkan tanpa mendapat air merupa­kan pengalaman yang amat berat. Oleh karena itu, ketika melihat air, mereka sangat berharap bahwa penderitaan mereka (kehausan) akan segera berakhir. Namun, ternyata kenyataan berbeda. Air yang mereka jumpai pahit! Kekecewaan membuat mereka marah dan melupakan ke­baikan Tuhan. Mereka lupa bersyukur saat menemukan air yang pahit. Mereka lupa bahwa Tuhan sanggup mengubah rasa pahit menjadi ma­nis. Oleh karena itu, akhir tahun ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengingat karya dan kebaikan Tuhan, serta merupakan kesem­patan untuk terus bersyukur. [BS]

Mazmur 107:15
”Biarlah mereka bersyukur kepada TUHAN karena kasih setia-Nya, karena perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib terhadap anak-anak manusia, ”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: