“Ya Bapa, Ampunilah Mereka.”

Lukas 23:34a <Yesus berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.”>

Apakah para teroris tidak tahu tentang apa yang mereka lakukan?

Mereka pasti tahu dan dengan sadar mereka meledakkan bom yang menyebabkan orang lain terluka atau tewas, bahkan tidak jarang yang melakukan bom bunuh diri. Kalau kita kaitkan dengan doa Yesus pada waktu Dia disalibkan, mengapa Yesus justru mengatakan kalau mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat, sehingga Dia meminta pengampunan dari Allah Bapa?

Secara teologis, orang-orang berdosa atau melakukan kejahatan adalah orang-orang bodoh, mereka bodoh tentang kebenaran. Mereka tidak mengetahui kebenaran, sehingga beranggapan bahwa apa yang mereka lakukan sebagai jalan untuk mencapai surga. Dalam memahami kebenaran, para teroris merasa bangga ketika mereka berhasil menjalankan misinya dan menyangka bahwa mereka telah menyenangkan hati Allah.

Kita diajarkan untuk meneladani Kristus, ketika Ia dimaki, dihujat, diejek, diludahi dan dipermalukan, Ia tidak membalas, Ia malah mengampuni mereka. Yesus tidak pernah mengajarkan gigi ganti gigi, mata ganti mata, Dia justru mendemonstrasikan kasih, bukan kekerasan, bukan dendam, melainkan mengasihi dan mengampuni.

“Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu!” (Lukas 6:27~28)

Yesus menghendaki, agar melalui kita banyak orang mengenal kebenaran, mengetahui siapa Dia dan melalui kasih, banyak orang pula bertobat.

Yesus berkata, “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di surga.” (Matius 5:16)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: