Melakukan Kehendak Allah

Baca: Markus 3:31-35

Ibu dan saudara merupakan bagian dari keluarga inti. Mereka adalah orang yang paling dekat dengan kita, terutama Ibu sebagai wanita yang melahirkan kita. Kisah ini dimulai dengan mukjizat yang Yesus kerjakan sehingga keluarga-Nya datang hendak menjemput-Nya (21). Ibu dan saudara-saudara Yesus tiba dan berdiri di luar. Kemudian mereka menyuruh orang untuk memangil Dia (31).

Saat orang banyak duduk sambil mengelilingi Yesus, dari antara mereka ada yang mengetahui kedatangan mereka dan memberitahukannya kepada Yesus (32). Tetapi Yesus menjawab seolah-olah Dia tidak mengenal Ibu dan para saudara- Nya dengan kalimat “siapa ibu- Ku dan siapa saudara-saudara- Ku?” (33).

Mereka yang hadir tidak mengerti mengapa Yesus berkata seperti itu. Yesus berkata bahwa orang-orang yang duduk disekeliling-Nya adalah ibu-Nya dan saudara-Nya (34). Kalimat ini mengajarkan bahwa relasi ibu dan saudara tidak dibatasi oleh hubungan secara jasmani, tetapi juga secara rohani. Hal ini berarti bahwa mereka yang mendengar Injil dan menerima Injil itu adalah ibu dan saudara Yesus dan berita Injil berlaku untuk setiap bangsa.

Yesus memberitahukan bahwa Ia sedang mengerjakan kehendak Allah, yaitu mengabarkan Injil kepada semua orang. Dia mengingatkan bahwa yang menjadi ibu dan saudara-Nya adalah orang- orang yang juga mengerjakan kehendak Allah. Mereka inilah saudara-Nya laki-laki, saudara- Nya perempuan, dan ibu-Nya (35).

Jika ketaatan kepada kehendak Allah membuat orangtua dan saudara kita menolak diri kita, jangan takut. Allah dapat memakai orang lain yang melakukan kehendak-Nya menjadi keluarga bagi kita secara rohani. [JH]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: