Jadilah pelaku-pelaku firman

Yakobus 1:19~27 <Ayat 22: Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.>

Mungkin kita adalah orang yang rajin mendengar dan mencatat khotbah dalam kebaktian, tapi semua itu akan menguap jika tidak kita aplikasikan secara langsung dalam kehidupan kita. Rajin membaca firman Tuhan itu baik, jika ditambah dengan merenungkannya tentu akan lebih baik lagi. Tetapi jika tanpa melakukannya, semuanya tidak akan menghasilkan apa-apa. Yakobus menjelaskan mengenai hal ini.

Pertama-tama ia mengingatkan kita agar membuang segala kotoran dan kejahatan yang ada di dalam hati kita dan kemudian menerima firman dengan lemah lembut (ayat 21). Firman-firman yang tertanam di dalam hati kita haruslah bisa terpancar dari bagaimana kita hidup. Jika tidak, maka semuanya itu akan berlalu begitu saja tanpa menghasilkan perubahan apa-apa.

Tekun beribadah tapi tidak mampu menjaga lidah, itu sama artinya dengan menipu diri sendiri, dan hanyalah akan membawa Kesia-siaan belaka (ayat 26). Kita tahu bahwa kita harus mengasihi dan membantu orang yang membutuhkan, tapi jika tidak dilakukan maka semuanya tidaklah menghasilkan apa-apa. Kita tahu bahwa kita harus hidup kudus, tapi jika tidak, maka kita akan terus dicemarkan oleh dunia. Dengan kata lain, ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah adalah ibadah yang menerapkan atau mengaplikasikan setiap firman-Nya yang telah kita dengar. Itulah yang akan memerdekakan kita dan yang akan mendatangkan kebahagiaan dan sukacita dalam hidup kita.

Firman Tuhan bukan hanya untuk didengarkan, melainkan juga untuk diaplikasikan. Jadilah pelaku-pelaku firman, itulah yang akan memerdekakan hidup kita!

“Ya Tuhan, aku mau menjadi pelaku firman-Mu agar aku mengalami kebenaran yang memerdekakan. Amin.”

2 Tanggapan

  1. Ajar aku menghitung harihari ku, sehingga tidak ada waktuku yang terbuang siasia

  2. Haleluya,,, mampukan saya setiap hari Tuhan untuk menjadi pelaku firmanMU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: