Memurnikan Iman

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Kejadian 35

Yakub menyadari bahwa Allah yang dia sembah adalah Allah yang tidak mau diduakan. Dia harus menyembah Allah saja dan tidak boleh menyembah yang lain. Saat Yakub melarikan diri ke Haran, dia tahu bahwa ada dewa-dewa asing di sana. Hal ini terlihat jelas saat Laban mengejar Yakub dan menanyakan dewa-dewanya yang hilang (31:30). Walaupun Yakub tidak tahu bahwa Rahel telah mencuri terafim ayahnya (31:32), dia menyadari bahwa ada dewadewa asing yang dibawa oleh rombongannya. Oleh karena itu, dia meminta agar semua orang yang bersama-sama dengan dia menjauhkan diri dari dewa-dewa asing, menahirkan diri (memenuhi persyaratan untuk mengikuti ibadah), dan menukar pakaian sebagai simbol dari tindakan menanggalkan semua hal yang najis dan berdosa (35:2). Anting-anting yang diserahkan kepada Yakub (35:4) adalah anting-anting yang berfungsi sebagai jimat.

Pada zaman ini, banyak pula orang Kristen yang memiliki latar belakang sebagai penyembah berhala, pemakai jimat, dan sebagainya. Sisa kebiasaan lama yang sering masih tertinggal adalah berdoa bagi arwah orang yang sudah meninggal, mengikuti ramalan bintang, menanam kepala kerbau sebelum membangun rumah, menyimpan jimat, bertanya kepada tukang ramal, dan sebagainya. Saat menjadi Kristen, tidak selalu sisa-sisa kebiasaan lama itu bisa langsung ditinggalkan total, sehingga kita perlu mengevaluasi diri. Seruan Yakub dalam 35:2 itu masih relevan pada masa kini. Coba sebutkan beberapa contoh tentang hal-hal yang berkaitan dengan penyembahan berhala yang masih sering kita jumpai dalam kehidupan orang Kristen! Bila ada, sebutkan pula hal-hal yang berkaitan dengan ibadah asing yang mempengaruhi kehidupan Anda? Bila dirasa perlu, diskusikanlah masalah Anda dengan hamba Tuhan di gereja Anda! [P]

Kejadian 35:2
Lalu berkatalah Yakub kepada seisi rumahnya dan kepada semua orang yang bersama-sama dengan dia: “Jauhkanlah dewa-dewa asing yang ada di tengah-tengah kamu, tahirkanlah dirimu dan tukarlah pakaianmu.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: