Berjaga-jagalah dan berdoalah

Matius 26:36~46 <Ayat 41: Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.>

Pernahkah Anda merasa frustasi menghadapi kelemahan-kelemahan dari kedagingan Anda? Pernahkan Anda bertekad untuk tidak lagi menyerah kepada dosa tertentu yang secara khusus seringkali menjerumuskan Anda, namun pada akhirnya lagi-lagi Anda terjatuh dalam lubang yang sama? Tidak hanya kita, bahkan para rasul pun pernah mengalaminya.

Petrus misalnya, ia baru saja bersumpah tidak akan pernah menyangkal Yesus, namun akhirnya ia telah menyangkal Yesus tiga kali. (Matius 26:30~35 dan 26:69~75).

Rasul Paulus pun mengatakan, “Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah, tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku.” (Roma 7:22~23).

Betapa sulitnya menundukkan diri kita meski kita sudah bertekad untuk berubah. Yesus berkata: “roh memang penurut, tetapi daging lemah.”

Tuhan Yesus tahu persis bhw kedagingan merupakan kelemahan yang menjadi masalah bagi semua manusia. Di taman Getsemani sesaat sebelum Yesus ditangkap, kita menyaksikan gambaran rentannya manusia dikuasai kedagingannya. Berkali-kali Yesus mendapati murid-murid-Nya sulit berjaga-jaga. Mereka lengah dan kembali tertidur, tidak sanggup berjaga bahkan satu jam sekalipun. Oleh karena itu, biarkanlah Roh yang berkuasa dalam hidup kita. Berjaga-jagalah dan berdoalah setiap waktu di dalam Roh. Itu senjata yang ampuh untuk mengatasi keinginan daging, dan lengkapilah diri kita dengan pedang roh, yaitu firman Allah. Pastikan bahwa roh kita cukup kuat untuk melawannya.

Bertumbuhlah di dalam roh, agar kedagingan tidak lagi menguasai diri Anda. Berjaga-jagalah! karena si Iblis berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-ngaum mencari orang yang dapat ditelannya. Tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!

“Tuhan Yesus, tolonglah aku agar aku dapat senantiasa berjaga-jaga dari kelemahanku, dan agar aku tetap bertekun dalam doa. Amin.”

Satu Tanggapan

  1. Ya “Tuhan Yesus, tolonglah aku agar aku dapat senantiasa berjaga-jaga dari kelemahanku, dan agar aku tetap bertekun dalam doa. Amin.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: