Mengurus Keluarga

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Kejadian 37

Membangun keluarga yang baik dan saling mengasihi itu sulit! Sebaliknya, kesalahan dalam mengurus keluarga bisa berakibat fatal! Dalam keluarga Abraham dan keluarga Ishak, kita bisa melihat dengan jelas bahwa sumber masalah yang utama adalah poligami dan sikap orang tua yang pilih kasih. Kedua hal ini— yaitu poligami dan sikap pilih kasih—membuat para istri dan anak-anak kekurangan kasih sayang dan mereka harus berkompetisi (bersaing) untuk memperoleh perhatian dan kasih sayang. Coba sebutkan contoh-contoh yang masih Anda ingat tentang masalah di atas dalam kehidupan rumah tangga Abraham dan rumah tangga Ishak! Yang mengherankan, ternyata bahwa Yakub tidak belajar dari pengalaman keluarga ayah dan kakeknya. Yakub melakukan poligami (walaupun semula, hal itu dilakukannya karena dijebak oleh mertuanya) dan dia juga melakukan pilih kasih (Yusuf lebih disayangi ketimbang saudara-saudaranya). Menurut pendapat Anda, mengapa Yakub mengulang kesalahan yang dilakukan oleh Abraham (dalam hal melakukan poligami) dan yang dilakukan oleh Ishak (dalam hal sikap pilih kasih).

Pada zaman ini, kita bisa menemukan banyak konselor dalam masalah keluarga. Para pendeta pun umumnya juga dibekali dengan teknik membimbing pasangan yang hendak menikah serta teknik membimbing keluarga. Akan tetapi, kesalahan yang sama masih terus berulang dengan bentuk yang berbeda. Poligami diganti dengan perselingkuhan yang mengakibatkan terjadinya kawin cerai dan menghasilkan anak-anak yang kekurangan kasih sayang. Akibatnya, banyak anak tidak mendapatkan contoh yang ideal. Menurut pendapat Anda, apa yang harus Anda lakukan untuk mencegah salah urus dalam keluarga? [P]

1 Timotius 3:2, 4
“Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu isteri, …, seorang kepala keluarga yang baik, disegani dan dihormati oleh anak-anaknya.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: