Ketika usia mulai tua

Amsal 17:6 <Mahkota orang-orang tua adalah anak cucu dan kehormatan anak-anak ialah nenek moyang mereka.>

Tiada seorang pun yang bisa mempertahankan agar usia maupun penampilan fisiknya tetap muda. Lambat laun masa tua itu akan datang juga. Kekuatan fisik akan berkurang dan ingatan tidak akan sama seperti ketika kita masih berusia muda. Di usia seperti ini, kita tidak mungkin lagi bisa bekerja keras untuk menghasilkan uang seperti masa-masa sebelumnya.

Kalau sebelumnya, kita yang membagikan permen atau es krim kepada cucu-cucu tercinta, kali ini mungkin sebaliknya, cucu-cucu kitalah yang datang dan membawakan makanan kesukaan kita. Kalau dulu, kita yang menuntun anak dan cucu kita, namun setelah tua merekalah yang akan menuntun kita.

Memang banyak perubahan yang akan terjadi di masa tua. Jika kita tidak memperlengkapi pikiran kita dengan hal-hal yang positif, maka akan terjadi banyak gesekan dengan anggota keluarga yang lain. Karena itu berdoalah agar perubahan itu tidak akan mempengaruhi kita sehingga kita tetap dapat menjadi berkat bagi keluarga dan dapat menjadi teladan iman bagi anak cucu kita.

“Tuhan Yesus, Engkau tahu bahwa aku semakin tua. Jagalah hatiku agar aku tidak selalu merasa lebih tahu dan lebih berpengalaman dalam segala hal. Lepaskan aku dari keinginan untuk selalu diperhatikan, diutamakan dan diperlakukan istimewa oleh anak cucuku. Berikan aku ingatan yang tetap jernih agar aku tidak menyusahkan anak-anakku karena kepikunanku. Katupkanlah bibirku agar aku tidak mengeluh karena penyakit dan penderitaan yang datang di masa tuaku, namun berilah aku kesabaran agar aku bisa menjalani semuanya dengan mengucap syukur. Anugerahkan kepadaku kemampuan untuk tetap menjadi panutan bagi anak-anakku dan bukan menjadi cemoohan karena kelakuan burukku, agar aku menjadi orang tua yang baik, bahkan menjadi mahkota serta kebanggaan bagi anak cucuku. Ya Tuhan Yesus, jadikanlah aku pembawa sukacita bagi anak, cucu dan menantuku. Berkatilah keluargaku serta keturunanku. Amin.”

Tinggalkan Balasan

