Istirahat dalam Pelayanan

Baca: Markus 6:30-44

Siapa yang tidak butuh istirahat? Tidak sedikit hamba Tuhan yang mengalami kelelahan fisik dan mental (burn out). Ada yang sakit karena terlalu bersemangat dengan aktivitas pelayanan tanpa memberi istirahat bagi diri sendiri dan keluarganya.

Para rasul pulang melaporkan hasil pelayanan mereka kepada Yesus (30). Yesus peduli dan tahu kondisi fisik murid-Nya yang letih serta lapar. Sebab itu, Ia mengajak mereka beristirahat (31-32). Tetapi rencana itu ketahuan sehingga orang banyak segera mengikuti mereka (33). Yesus tidak marah kepada orang banyak, malah berbelas kasihan kepada mereka. Karena itu, Ia memberikan apa yang mereka butuhkan, yaitu: pengajaran-Nya dan makanan jasmani (34, 37). Yesus tidak meminta para murid menyelesaikan persoalan itu. Ia hanya memberi perintah untuk memberi orang banyak makan.

Rasul-rasul belum menangkap dan mengerti cara kerja Yesus. Mereka hanya melihat dari perspektif keterbatasan manusiawi. Bahkan mereka lupa memperhatikan apa yang ada pada diri mereka di tempat itu. Hal ini terbukti ketika Tuhan menyuruh mereka untuk memeriksanya (35-38). Bagi Tuhan, semua mungkin digunakan. Keterbatasan diubah menjadi suatu kelimpahan dengan cara Tuhan (39-44).

Tanpa disadari, para murid Yesus mendapatkan apa yang mereka butuhkan, yaitu suasana kebersamaan membantu Yesus membagikan makanan. Hal yang terpenting adalah konsep mereka yang terbatas dibukakan oleh Yesus. Hanya butuh ketaatan dan kerendahan hati untuk dapat menyaksikan kuasa Yesus. Kebergantungan pada kekuatan sendiri sering membuat kita lalai memerhatikan apa yang ada pada kita. Peristiwa ini menyegarkan pikiran dan semangat para murid. Selain mendapat makanan yang cukup, Tuhan juga menyediakan istirahat bagi para murid.

Jangan batasi cara kerja Tuhan dengan keterbatasan yang kita miliki. Kita hanya perlu taat pada perintah-Nya tanpa banyak perhitungan manusiawi. Dengan begitu, kita mendapat istirahat yang melegakan dan memuaskan dari Tuhan. [TNT]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Satu Tanggapan

  1. Amin untuk firman TUHAN. Selamat melayani bagi para pengelola Saat Teduh !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: