Menyadari kedaulatan Allah

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Kejadian 45

Yusuf memiliki banyak alasan untuk menyimpan rasa sakit hatinya dan melakukan pembalasan terhadap saudara-saudaranya yang telah menjual dia sebagai budak karena merasa iri melihat bahwa Yakub—ayah mereka—telah mengistimewakan Yusuf secara berlebihan. Yusuf bisa mengatakan bahwa pengistimewaan terhadap dirinya itu adalah tanggung jawab ayahnya dan bukan kesalahan dirinya. Dia bisa meminta pertanggungjawaban saudara- saudaranya, dan mereka semua tidak akan bisa membantah karena mereka memang bersalah. Sekalipun demikian, Yusuf tidak membalas karena dia melihat bahwa pengalaman negatif yang dideritanya adalah bagian dari rencana besar Allah (45:7-8). Mengenali rencana Allah merupakan salah satu cara untuk membebaskan kita dari rasa kesal dan dari keinginan membalas. Kita perlu meyakini bahwa Allah berdaulat atas alam semesta ini. Tidak ada sesuatu pun yang dapat terjadi tanpa izin dari Allah. Kita juga perlu meyakini bahwa Allah selalu menginginkan kebaikan kita. Cara pandang seperti itu akan membuat kita memandang penderitaan kita sebagai jalan yang harus kita tempuh untuk menerima kemuliaan yang disediakan Allah dan kesulitan yang kita hadapi sebagai ketidakmengertian kita terhadap jalan yang telah disediakan Allah.

Yusuf bukan hanya tidak membalas kejahatan yang dilakukan oleh saudara-saudaranya terhadap dirinya, tetapi dia bahkan memikirkan kebaikan bagi seluruh keluarga besarnya. Dia menyerahkan dirinya sebagai sarana untuk dipakai oleh Tuhan secara bebas. Pengalaman apa yang pernah Anda alami yang membuat Anda merasa sakit hati? Bandingkan pengalaman Anda dengan pengalaman Yusuf! Apakah Anda perlu memperbaiki sikap Anda? [P]

Roma 8:28
“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: