Perlakukan kasih yang adik bagi anak-anak kita

Kejadian 37:3 <Israel lebih mengasihi Yusuf dari semua anaknya yang lain, sebab Yusuf itulah anaknya yang lahir pada masa tuanya; dan ia menyuruh membuat jubah yang maha indah bagi dia.>

Ishak cenderung lebih menyayangi Esau; sebaliknya, Ribka menyayangi Yakub. Kedua orang tua ini mengungkapkan rasa sayang secara timpang kepada kedua anak mereka. Baik Ishak maupun Ribka tampaknya tidak menyadari bahwa apa yang mereka lakukan itu merupakan pilih kasih yang salah terhadap anak-anak mereka.

Perlakuan yang buruk ini menurun pada generasi berikutnya. Sebagaimana perlakuan orang tuanya pada dirinya, begitu juga Yakub memperlakukan anak-anaknya. Ia lebih mengasihi Yusuf daripada anak-anaknya yang lain. Sikap salah yang ia terima turut membentuknya menjadi orang tua yang pilih kasih.

Setiap anak memiliki keunikan yang berbeda-beda, namun hal ini bukanlah alasan bagi orang tua untuk berpilih kasih. Cara kita mengungkapkan kasih kepada masing-masing anak bisa saja berlainan, namun kita tidak boleh membela salah satu anak lebih dari yang lain karena lebih menyayangi anak itu. Kita seharusnya memperlakukan mereka seadil mungkin, sehingga kita tidak mendatangkan akibat buruk bagi mereka di kemudian hari.

Belum terlambat untuk memulainya dari sekarang. Mari, salah satu warisan yang paling berharga adalah kasih yang adil terhadap anak-anak kita!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: