Terima dan Buang!

Baca: Markus 9:38-50

Ada orang yang tidak berada dalam kumpulan murid-murid. Ketika ia hendak mengusir setan dalam nama Yesus, maka murid-murid mencegahnya (38). Orang itu kemungkinan adalah murid Yohanes yang sudah tahu dan percaya kepada Yesus. Yesus dengan tegas melarang mereka melakukan hal itu.

Seseorang dapat melakukan mukjizat dengan nama Yesus pasti percaya kepada -Nya. Tidak mungkin dengan seketika ia menghina diri Yesus (39). Kuasa untuk mengusir setan hanya dimiliki oleh orang-orang yang sungguh percaya kepada Yesus dan terpilih menjadi utusan-Nya. Ada juga orang yang melayani hamba-hamba Tuhan, bahkan hanya dengan memberi secangkir air (41). Orang seperti ini dihargai oleh Tuhan dan diberi upah kekal.

Kemudian Yesus menegaskan kemarahan-Nya bahwa barangsiapa yang menyesatkan satu dari anak- anak kecil, maka mereka harus dihukum. Demikian pula apabila anggota tubuh (seperti mata, tangan, kaki) lebih baik dibuang jika membuat kita tersesat (43-47). Lebih baik dengan cacat fisik masuk Surga daripada dengan kesempurnaan anggota tubuh namun masuk neraka (43-47). Mengingat pemurnian yang akan dilakukan (49), harusnya orang percaya mampu menjadi seperti garam yang memiliki rasa sehingga dapat berfungsi dan bermanfaat (50).

Yesus mengingatkan umat- Nya senantiasa memberitakan Kabar Baik Allah, meski kita tidak berada dalam satu gereja atau lembaga. Jangan menghalang-halangi pelayanan mereka! Kita juga harus menerima dan bersyukur atas orang-orang yang memperhatikan dan menolong hamba-hamba Tuhan di manapun. Sebaliknya, kita harus menolak mereka yang mengajarkan kesesatan. Artinya, kita harus menjauhkan diri dari pengaruh dan ajaran palsu yang menyesatkan. Karena ajaran palsu tersebut dapat menjauhkan kita dari kebenaran Allah yang sejati.

Marilah kita mendukung mereka yang melayani pekerjaan Tuhan dengan sepenuh hati. Hindarilah orang-orang yang berupaya menjauhkan kita dari Kristus dan rencana-Nya! [TNT]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: