Dari Dalam Keluar

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Roma 12

Jemaat Roma memiliki kehidupan yang terhubung dengan Allah melalui iman kepada Kristus (pasal 1-11). Apa yang terjadi setelah mereka percaya dan diselamatkan? Sebagai manusia baru, orang Kristen tidak boleh membiarkan dunia di sekelilingnya mendikte hidup mereka. Sebaliknya, ia harus mulai berpikir, berbicara, dan berperilaku secara berbeda. Bagaimana caranya?

Kuncinya adalah akal budi atau pikiran yang diubahkan. Artinya, dengan pertolongan Roh Kudus mereka harus bertekun menjalani proses perubahan (pertumbuhan) dari dalam keluar, dimulai dari pikiran yang bertekad mempersembahkan seluruh aspek hidup kepada Tuhan, baik lewat ibadah maupun melalui kehidupan sehari-hari yang disebut Paulus sebagai persembahan tubuh, sebagai “ibadah sejati” (12:1-3).

Akal budi yang diubahkan akan mengubah cara hidup bergereja. Mereka akan memandang satu sama lain sebagai sesama anggota tubuh Kristus (12:4-5) dan akan saling melengkapi, saling memberkati, dan saling mengasihi dengan karunia rohani masingmasing (12:6-13). Dengan demikian, budaya egois akan terkikis dan kesatuan mudah diwujudkan. Perubahan keluar ini akan memberkati masyarakat kota Roma yang majemuk, ketika jemaat bersikap sabar, mendoakan, bermurah hati, dan siap menolong siapa saja, termasuk pihak-pihak yang berbuat jahat terhadap jemaat, serta berusaha hidup damai dengan semua orang (12:14-21).

Akal budi yang diubahkan itulah yang membuat kita bisa tampil beda, tidak dipengaruhi melainkan mempengaruhi budayabudaya jahat dunia ini. Mari hidup semakin melekat kepada Allah dan FirmanNya, agar transformasi akal budi itu semakin kita alami dan hidup kita menjadi bagian dari solusi berbagai masalah bangsa ini! [ICW].

“Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.” Roma 12:1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: