Kiamat di Ambang Pintu

Baca: Markus 13:24-35

Kedatangan Kristus kedua kali merupakan kiamat bagi dunia dan umat manusia. Kenyataan ini tidak dapat ditampik oleh siapapun. Saat waktu-Nya tiba, tiada seorang pun yang luput dari penghakiman Allah.Semua manusia akan berhadapan dengan takhta penghakiman Allah.

Sebelum Kristus datang sebagai Hakim dunia, akan terjadi peristiwa besar di alam semesta. Benda-benda penerang yang Allah ciptakan akan padam dan berjatuhan satu per satu (band. Am. 8:9; Yl. 2:10, 3:15; Yeh. 32:7-8; Yes. 13:10, 34:4). Kuasa langit akan guncang karena Allah menarik kembali pemeliharaan-Nya dan melepaskan tangan-Nya yang menopang alam semesta (24-25). Dunia akan diliputi kegelapan. Di saat itu, Kristus datang dengan bala tentara dan kemuliaan-Nya. Semua orang dapat melihat cahaya kemuliaan Kristus di awan-awan (26-27). Kali ini Kristus datang bukan menyelamatkan, melainkan membinasakan. Dengan bala tentara surgawi, Ia akan berperang dan menghanguskan kuasa kejahatan (27). Ia datang untuk menegakkan keadilanNya atas darah orang benar sekali untuk selamanya.

Melihat kedahsyatan akhir zaman, Yesus dengan keras memperingati agar umat-Nya waspada karena kiamat sudah di depan mata. Mereka yang hidupnya tidak berpadanan dengan Kristus akan seperti ranting pohon ara yang ditebang dan dibuang (28; band. Luk. 13:6-9). Apa yang diucapkan Yesus pasti terbukti sebab sabda-Nya kekal (29-31).

Pertanyaannya, kapan nubuat Yesus akan terwujud? Hanya Bapa Surgawi yang tahu (32). Ketidaktahuan datangnya hari kiamat seharusnya membuat setiap orang percaya senantiasa bertekun dalam iman dan pengharapan. Lebih dari itu, umat percaya wajib hukumnya menghargai waktu dan kesempatan yang masih diberikan Allah agar kita siap menghadapi kedatangan Kristus kapanpun (33-35). Kesiapan kita diibaratkan seperti gadis yang bijaksana yang selalu menjaga lenteranya tetap bernyala (Mat. 25:1-14).

Renungkan: Jangan biarkan hidup terlena oleh nikmat dunia. Kristus segera datang! [TG]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: