Tubuh dan Darah Yesus

Baca: Markus 14:22-25

Dalam perjamuan makan Paskah, elemen-elemen penting yang perlu dijelaskan oleh kepala keluarga Yahudi adalah roti tidak beragi dan darah anak domba yang disembelih. Roti tidak beragi mengingatkan orang Israel akan ketetapan yang diberikan Tuhan di mana mereka harus makan roti tidak beragi selama tujuh hari lamanya (Kel. 12:15, 17-20). Kemudian penyembelihan anak domba yang tak bercacat mengingatkan pada peristiwa tulah ke sepuluh di kitab Keluaran. Dengan darah anak domba yang dibubuhkan di pintu-pintu rumah orang Israel, maka anak-anak sulung laki-laki mereka diampuni dan diselamatkan dari kengerian murka Allah dalam tulah ke sepuluh (Lih. Kel. 12:24-28). Itulah sebabnya darah itu disebut dengan darah perjanjian (Mrk. 14:24).

Pada bacaan hari ini, Yesus bukan hanya menjelaskan makna dari tubuh dan darah anak domba yang disembelih, tetapi juga menunjuk kepada diri-Nya. Roti tidak beragi menjadi lambang tubuh Kristus (22) yang dikorbankan bagi manusia berdosa. Anggur dalam cawan yang Ia berikan kepada para murid melambangkan darah Kristus yang tercurah demi keselamatan umat manusia. Kata “tubuh-Ku” (22) dan “darah-Ku” (24) itu juga mempertegas kematian seperti apa yang akan Ia alami, yaitu kematian dalam penderitaan pengorbanan. Sebagaimana anak domba di Keluaran disembelih sehingga umat Israel di Mesir diselamatkan dari kematian anak sulung mereka, demikian pula Anak Domba Allah disalib sehingga manusia berdosa diselamatkan dari kematian kekal.

Ucapan Yesus dalam perjamuan Paskah tersebut menjadi acuan prosesi Perjamuan Kudus yang kita adakan di gereja. Tujuannya, untuk mengingatkan kita akan pengorbanan tubuh dan darah Yesus yang Ia curahkan demi menebus dosa kita. Tubuh dan darah Kristus telah Ia korbankan bagi kita. Lalu apa respon kita?

Renungkan: Kiranya bukan hanya pada momen Perjamuan Kudus kita mengenang kematian dan pengorbananNya di kayu salib. Biarlah di sepanjang hidup, kita senantiasa mengenang cinta kasih dan pengorbanan Kristus. [MF]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: